Sawit Komoditas Unggulan Indonesia, Airlangga Ajak Petani Samade Sukseskan Program PSR
Cari Berita

Advertisement

Sawit Komoditas Unggulan Indonesia, Airlangga Ajak Petani Samade Sukseskan Program PSR

Kamis, 24 Februari 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato, panen sawit di desa Libo Jaya, Kandis, Kabupaten Siak, Kamis (24/2/2022). ist


SIAK, PARASRIAU.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato mengajak seluruh petani untuk ikut menyukseskan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) demi keberlanjutan perkebunan kelapa sawit nasional. Karena kelapa sawit saat ini adalah komoditas unggulan peringkat pertama untuk Indonesia.


Demikian ditegaskan Menko Airlangga dalam lawatannya ke Riau tepatnya di Desa Libo Jaya, Kandis, Kabupaten Siak, Kamis (24/2) dan bertemu langsung dengan para petani kelapa sawit serta organisasi petani, Sawitku Masa Depanku (Samade).


Dijelaskannya, PSR itu sejati adalah program pemerintah lewat BPDPKS yang menyediakan bantuan peremajaan sebesar Rp30 juta bagi petani yang mengikuti program PSR tersebut. "Ada dana hibah Rp30 juta untuk para pekebun. Dimana maksimal lahan seluas 4 hektar," jelasnya.


Tak hanya itu saja, petani juga dapat menikmati kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp200 juta dengan keringanan angsuran hingga 5 tahun. Selama 5 tahun petani hanya membayar bunganya saja sebesar 6%. Sementara, hingga Juni pemerintah justru kembali berikan subsidi bunga sebesar 3%.


Untuk itu, Ia juga berterima kasih kepada para perbankan yang telah menyalurkan bantuannya kepada petani.


Airlangga juga menyinggung terkait etosnya kinerja organisasi Sawitku Masa Depanku (Samade) yang terus berjuang mendorong kesejahteraan petani. Khususnya di desa Libo Jaya tersebut.


"Kita berharap Samade akan selalu membuat sawitku masa depanku," katanya disambut tepuk tangan dari para petani yang hadir dalam pertemuan tersebut seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.


Airlangga juga mengatakan, sektor perkebunan kelapa sawit adalah sektor yang justru tidak terdampak mewabahnya COVID-19. Di satu sisi sektor lain sempoyongan untuk bertahan, perekonomian sektor kelapa sawit justru meningkat.


"Di tahun 2019 lalu harga sawit hanya seribuan rupiah saja, saat ini sudah menyentuh angka Rp3.500/kg. Ini adalah komoditas unggulan Indonesia dan ekspor nomor satu Indonesia adalah sawit," tutupnya. pr2


Editor: M Ikhwan