Melalui Rapat Paripurna, APBD Riau Tahun 2021 Disahkan Sebesar Rp9.132 T
Cari Berita

Advertisement

Melalui Rapat Paripurna, APBD Riau Tahun 2021 Disahkan Sebesar Rp9.132 T

Senin, 30 November 2020

Suasana rapat paripurna pengesahan APBD Riau tahun 2021 di gedung DPRD Riau, Senin (30/11)
   

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Melalui rapat paripurna di DPRD Riau, Senin 30 November 2020 yang dipimpin Hardianto, SE akhirnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2021 disahkan sebesar Rp9,132 triliun. 


Pantauan di lapangan, laporan hasil kerja Banggar DPRD Riau terhadap APBD Riau 2021 disampaikan Sugeng Pranoto. APBD Riau tahun anggaran 2021 sebesar Rp9.132 triliun. 


Banggar DPRD Riau meminta OPD serius menindaklanjuti catatan Fraksi dan masukan komisi pada saat rapat kerja. Selanjutnya mematuhi waktu perencanaan penyusunan APBD. 


Terkait penanganan Covid-19, Banggar DPRD Riau meminta pemerintah beserta pemangku kepentingan lainnya bersatu padu mencegah covid-19 dan banggar DPRD Riau juga merekomendasikan agar Bapenda menetapkan target pajak kenderaan bermotor di Riau. 


Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar dalam piidatonya menjelaskan bahwa dalam menyusun APBD Riau 2021 pemerintah berpedoman pada lima skala prioritas. Diantaranya pengembangan industri, pengembangan pertanian, pengembangan pariwisata, pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta pengembangan SDM yang beriman, berkualitas dan berdaya saing. 


Selain kelima prioroitas tersebut, lanjut Syamsuar, dengan memperhatikan situasi hari ini yang masih mengalami pandemi, maka dalam penyusunan APBD Provinsi Riau Tahun 2021 juga memperhatikan hal-hal yang terkait dengan penanganan dampak Covid-19.


“Kondisi pandemi saat ini, membuat penyusunan APBD tentunya tidak akan lepas dari penanganan covid-19. Baik dari sisi kesehatan dan ekonomi diantaranya yaitu pencegahan dan pemulihan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19," jelas Syamsuar. 


Dengan anggaran yang sebesar ini, Syamsuar  berharap agar realisasi pelaksanaannya berjalan lancar dan sesuai dengan mekanisme yang ada. Sehingga, pembangunan yang dirancang melalui anggaran APBD mampu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat Riau.


"Instrumen ini akan berjalan dengan baik apabila pelaksanaannya sesuai dengan mekanisme yang ada. Saya mengingatkan dan meminta agar OPD bisa bekerja secara maksimal," tutupnya. pr2