Peran Wartawan Sangat Dibutuhkan untuk Mendorong Keterbukaan Informasi
Cari Berita

Advertisement

settia

Peran Wartawan Sangat Dibutuhkan untuk Mendorong Keterbukaan Informasi

Senin, 20 Januari 2020



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Riau, Yogi Getri yang mewakili Gubernur Riau, Senin (20/1) secara resmi membuka Bimbingan Teknis bagi Pengurus Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau di Aula Kantor Komisi Informasi (KI) Riau.

Yogi Getri dalam sambutannya mengatakan, peran wartawan dalam mendorong keterbukaan informasi publik sangat diperlukan. "Mudah-mudahan ke depannya tidak ada lagi sidang di Kantor KI ini," ujar Yogi.

Saat ini, katanya, memang masih banyak dari lembaga pemerintah dan swasta yang belum memberikan hak informasi kepada publik. Untuk itu, kepada kawan-kawan wartawan terutama yang tergabung dalam For-KI ini bisa membantu untuk mendorong lebih terbuka lagi informasi yang dibutuhkan masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua For-KI Riau Novrizon Burman dalam laporannya menyampaikan, peserta bimtek KIP ini diikuti sebanyak 15 orang anggota For-KI. "Selain diskusi, kami juga mengadakan bimtek khusus Keterbukaan Informasi Publik untuk wartawan yang tergabung ke dalam For-KI. Karena kawan-kawan wartawan tidak semuanya menguasi tentang Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik," sebut Novrizon.

Lanjutnya, Bimtek ini juga menjadi langkah awal dari berbagai program kerja Pengurus For-KI Riau ke depannya. Disamping itu melalui bimtek, pengurus dan anggota For-KI dapat membangun tim kerja yang efektif.

Hadir dalam acara pembukaan Bimtek ini, Ketua Komisi Informasi (KI) Riau Zufra Irwan, Wakil Ketua KI Tatang Yudiansyah, anggota KI Alnofri, Hasnah, Koordinator FITRA Triono Hadi, Ketua For-KI Novrizon Burman dan jajaran pengurus For-KI.

Bimtek yang bertemakan "Peran Wartawan dalam Mendorong  Keterbukaan Informasi Publik di Provinsi Riau", menampilkan nara sumber Ketua KI Riau Zufra Irwan, Komisioner KI Tatang Yudiansyah dan Koordinator FITRA Triono Hadi. pr2