Cari Aman Saat Naik Motor, Lakukan 5P
Cari Berita

Advertisement

Cari Aman Saat Naik Motor, Lakukan 5P

Kamis, 30 Mei 2024

Cari Aman Saat Naik Motor, Lakukan 5P


KAMPAR, PARASRIAU.COM - Kini sepeda motor merupakan transportasi nomor satu yang diminati masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi yang praktis dan efisien untuk digunakan sehari-hari.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022, jumlah sepeda motor di Indonesia adalah yang paling banyak dibandingkan mobil barang, bis dan mobil penumpang yakni sebanyak 125.305.332.


Sejalan dengan jumlah pengguna sepeda motor yang meningkat, membuat angka kecelakaan yang menimpa sepeda motor di jalan raya masih mendominasi dibandingkan alat transportasi lainnya.


Ada 4 faktor yang menyebabkan kecelakaan yang berpotensi dialami oleh pengendara, antara faktor lain manusia, faktor kendaraan, faktor cuaca dan faktor jalan. Dari empat faktor tersebut kecelakaan dijalan raya paling banyak disebabkan oleh faktor manusia.


Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan PT. Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2023, ada 5 prilaku pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan di Indonesia.


Perilaku tersebut antara lain kelalaian terhadap lalu lintas di depan, gagal menjaga jarak aman, kelalaian saat berbelok, melampaui batas kecepatan dan kelalaian saat mendahului.


Apakah kecelakaan bisa dicegah? Beberapa pengendara berpendapat bahwa kecelakan adalah takdir yang tidak bisa dihindari, kecelakaan adalah akibat dari perbuatan pengendara lain, bahkan kecelakaan adalah bagian dari jalan hidup yang harus dilalui sehingga tidak bisa dicegah.


Padahal jika kita sama memikirkan sebenarnya kecelakaan bisa dicegah jika kita sebagai seorang pengendara selalu mengutamakan keselamatan di jalan raya.

Berikut tips 5P #Cari_Amansaat naik motor sebagai upaya yang dapat pengendara motor lakukan sebagai upaya mencegah kecelakaan :


1. Pakai helm dan jaket saat berkendara
2. Perhatikan Kanan dan kiri saat di persimpangan
3. Pertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan
4. Periksa situasi depan dan belakang saat menyalip kendaraan
5. Patuhi Rambu lalu lintas


Arif Rahman Hakim selaku instruktur safety riding PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) mengatakan dengan menerapkan 5P #Cari_aman saat berkendara, risiko kecelakaan di jalan raya dapat dicegah dan diminimalisir.


Selain itu untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan prediksi bahaya, bisa mengikuti pelatihan keselamatan berkendara yang diadakan Honda atau melalui latihan menggunakan Honda riding Training yang ada di dealer Honda.


“Mari budayakan #Cari_aman dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan,” tutupnya. (*/pr2)