Alumni Al Azhar Berduka, DR Johar Arifin, Lc MA Wafat
Cari Berita

Advertisement


Alumni Al Azhar Berduka, DR Johar Arifin, Lc MA Wafat

Minggu, 09 Mei 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang alumni Al Azhar Kairo DR Johar Arifin, Lc, MA tadi malam Ahad 27 Ramadhan 1442 H sekira pukul 01.25 Wib di RS Aulia, Pekanbaru.


Kabar duka ini membuat kesedihan mendalam bagi warga Alumni Al Azhar khususnya di Kota Pekanbaru dan Indonesia pada umumnya.


Almarhum juga menjabat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kampar, Riau. Juga berstatus sebagai Dosen PNS di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.


Insya Allah jenazah almarhum hari ini akan dibawa ke kampung halaman di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau untuk dikebumikan.


Selamat jalan sahabat kami, semoga Allah Subhanahu wata'ala menempatkan engkau di Sisi--Nya dan diampuni semua kesalahanmu.


Berikut penuturan ponakan almarhum (Zulikromi, Lc, MA) melalui akun FB-nya:



2006

'' Nakan, bawalah jaket ini ke Cairo. Di sana sedang musim dingin. Jaket ini Ntuo (Paman) beli di Jordan, pakailah nanti di Mesir. Sekalian bawa juga tas ini untuk tempat pakaian.. ''


Dengan senang hati pemberian beliau ini kami pakai. Betapa sangat bermanfaat sekali menemani segala kekurangan keperluan demi menuju Mesir. Setiap musim dingin, jaket beliau inilah yg dipakai sebagai pembalut badan, menghangatkan tubuh kala hawa dingin menusuk kulit. 


2008

'' Ikromi, siapkan proposal. Ini ada bantuan dari BAZNAS Kampar. Ntuo perjuangkan. Semoga ada rezeki kita di sini..''


Dana bantuan itupun kami dapat. Pun lagi tak lepas dari budi baik beliau. Betapa dana itu bisa kami gunakan untuk bertahan hidup di Cairo dari bulan ke bulan. 


Ramadhan 2019

'' Ikromi.. perkuat kesabaran, imani taqdir, dan kuatkan hati.. Tuan (panggilan beliau ke Ayah kami) telah meninggalkan kita. Doakan Tuan..''


Berita selepas subuh di 10 Mei itu meluluhlantakkan jiwa. Lembut rasanya tanah Madinah. Betapa ingin 'menggugat' Tuhan. Tapi beliau pula yang mengingatkan. Diawalinya dengan petuah sabar, diingatkannya tentang taqdir, dikuatkannya hati yang patah. 


***


Banyak, Ntuo.. banyak nian jasa baikmu. Menjadi hutang yang tidak pernah bisa terbayar. 


Di malam 27 Ramadhan ini engkau pergi. Meninggalkan segala rukam ragam dunia. Pergi untuk berkumpul dengan orang-orang shaleh dalam keabadian. 


Milik Allah segala yang Dia beri. Kepunyaan-Nya pula segala yang Dia ambil. Duka, sedih dan air mata ini tanda kami masih manusia. Namun, izinkan kami untuk mengingatmu sebagai Syahid Lailatul Qadar; selamanya, dalam selaksa do'a..


***


Dr. H. Johar Arifin , Lc., MA

(01 November 1976 - 09 Mei 2021)


رحمه الله رحمة الابرا