Hadirkan UMKM, BI Riau Gelar Riau Sharia Week ke 8
Cari Berita

Advertisement

Hadirkan UMKM, BI Riau Gelar Riau Sharia Week ke 8

Sabtu, 27 April 2024

Foto bersama usai pembukaan Riau Sharia Week 2024, Sabtu (27/4) di Living World Pekanbaru.

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bank Indonesia Provinsi Riau kembali menggelar Riau Sharia Week 2024, Sabtu (27/04). RSW 2024 ini merupakan yang ke 8 dengan mengusung tema "Sinergi Untuk Memperkuat Kebangkitan Ekonomi Syariah di Riau", berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 27-28 April 2024 bertempat di Mall Living World Pekanbaru.

Acara pembukaan Riau Sharia Week 2024 dihadiri oleh Asisten II Sekdaprov Riau - M. Job Kurniawan, Asisten II Sekdako Pekanbaru - Ingot Ahmad Hutasuhut, Plt Kepala OJK Riau - Endang Nurjadin, Direktur Eksekutif KADEKS Riau - Saidul Amin serta Baznas Riau.dan BWI Riau. Kegiatan Riau Sharia Week 2024 kali ini meliputi Sharia Competition, Sharia Forum serta Sharia Fair untuk produk UMKM, kuliner dan fashion.

Menariknya, ajang Riau Sharia Week kali ini menampilkan fashion show dari sejumlah desainer muda Riau. Dimana, kain tenun dan batik Riau disulap menjadi aneka pakaian syar'i yang modis dan kekinian.

Asisten II Setdaprov Riau, M. Job Kurniawan mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Riau sangat menyambut baik dilaksanakannya Riau Sharia Week 2024 yang merupakan bentuk dukungan BI terhadap pengembangan ekonomi syariah di Riau. Melalui kesempatan ini, juga dilakukan promosi terhadap produk UMKM Riau agar semakin dikenal ditingkat nasional dan internasional.

"Meriah sekali ya, produk yang ditampilkan juga oke, fashion show nya oke, UMKM nya oke, saya rasa kita gak kalah ya. Intinya kita ajalah, apakah ingin kembali ke syariah atau tidak. Ekonomi syariah tidak hanya berbicara tentang islam dan agama, tapi bagaimana akita menjalankan syariat itu dengan baik. Terima kasih BI Provinsi Riau, semoga nanti bisa kembali meraih juara di ajang regional Sumatera," Ungkap M. Job Kurniawan kepada Iniriau.com, Sabtu (27/04).

Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Riau, Pemerintah Provinsi Riau telah menerbitkan sejumlah regulasi atau kebijakan. Diantaranya konversi Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah, pembentukan Kawasan Industri Halal, optimalisasi Zakat dan Wakaf serta Zona Khas kuliner halal, aman dan sehat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad mengatakan, ada sejumlah rangkaian kegiatan Riau Sharia Week 2024 yang melibatkan ratusan pelaku UMKM di Riau. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Riau.

"Jadi pada prinsipnya BI sangat peduli terhadap pertumbuhan ekonomi di Riau, wujudnya bisa di bidang fashion dan pangan. Dua-duanya sama, kita tidak beda-bedakan, kita beri kesempatan yang sama. Sedangkan berbicara mengenai pertumbuhan ekonomi syariah, ini sangat memegang peranan penting karena mayoritas penduduk Riau adalah muslim. Hal tersebut, tentunya memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi syariah regional dan nasional ke depan," Sebut Panji.

Setelah Riau Sharia Week, nantinya juga akan dilanjutkan dengan kegiatan Sumatera Sharia Week tahun 2024 di Kota Batam Kepulauan Riau pada tanggal 19-26 Mei mendatang. Diharapkan, KPw BI Provinsi Riau bisa kembali menyabet sejumlah penghargaan dan meraih gelar juara di Festival Sharia tingkat nasional. (Pr-1)