IKA FH Unri Siap Dukung Pemilu Damai dan Berikan Bantuan Hukum untuk Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

IKA FH Unri Siap Dukung Pemilu Damai dan Berikan Bantuan Hukum untuk Masyarakat

Minggu, 10 Desember 2023

IKA FH Unri Siap Dukung Pemilu Damai dan Berikan Bantuan Hukum untuk Masyarakat


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kepengurusan IKA Fakultas Hukum Unri periode 2022-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum IKA Unri, H Wan M Hasyim. SE AK


Pelantikan dan pengukuhan pengurus IKA FH Unri dilaksanakan, Sabtu (9/12/2022) di Hotel Pengeran Pekanbaru dan dihadiri oleh pengurus, alumni dan puluhan mahasiswa.


Hadir di sini, Sekum IKA Unri Aiden Yusti,SPd.MPd Wakil Rektor III Dr. Hermandra, S.Pd., MA, Dekan FH UNRI Dr Maria Maya Lestari SH.MSc.MH, Wakil Dekan III Erdiansyah, SH, MH, Gubernur Riau diwakili oleh Dr. Ardiaen Simeru, S.Pd. M.Kom (Kabid SMK Pemprov Riau) Danrem 031/Wirabima representasi oleh Walikota Indra Nur, SH (Kepala Hukum Korem), Kakanwil Kemenkumham diwakili oleh Nobelman P Siringoringo, SE (Kasubag Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham Riau), Polresta Pekanbaru diwakili oleh Bidang Hukum Dr Rudi Pardede SH MH dan Perwakilan Kejati Riau.


Usai pelantikan, Ketua IKA FH Unri, Ronal Akhyar SH yang diterima mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum IKA UNRI yang telah hadir langsung dan melantik pengurus.


“Kami memiliki lebih dari 2.000 alumni yang tersebar di Sabang-Merauke. Alumni telah ada yang menjadi jaksa, hakim, polisi, pengusaha dan lainnya. Fakultas Hukum Unri berdiri sejak tahun 2001 dan saya adalah angkatan kedua (2002). Saat itu masih bergabung di Ilmu Politik Unri dan tahun 2004 resmi berdiri FH Unri. Saya berharap forum IKA FH Unri ini bisa menumbuhkan semangat gotong-royong, silaturahmi dan membesarkan rumah kita (FH Unri) dan kompak,” harap Ronal.


Sementara Ketum IKA Unri, H Wan M Hasyim sangat senang dan bangga bisa melantik FH Unri. Selamat untuk pengurus. 


“Saya yakin alumni Hukum akan memberikan banyak dukungan di bidang hukum bagi IKA fakultas lain dan universitas. Dengan latar belakang saya pengusaha, tentu dukungan alumni hukum akan memberikan nilai positif. Di Fakultas kepengurusan pusat IKA Unri juga ada beberapa pengurus yang merupakan almuni FH Unri, " bebernya.


Dekan FH Unri, Dr Maria Maya Lestari dalam Perayaannya merasa bangga bisa hadir dalam pelantikan IKA FH Unri. Dulu di tahun 2001-2002 merupakan perjuangan panjang dalam proses pendirian fakultas hukum dan ini dirasakan oleh mahasiswa saya saat itu.


“Alhmadulillah saya melihat alumni FH Unri saat ini sudah suskes dan sehat-sehat. Ini merupakan suatu kebanggaan. Dan kebanggaan seorang dosen adalah pada saat mahasiswanya lebih hebat dari dosen, saya bangga. Saya harap alumni bisa membesarkan rumah (FH Unri). Besarkan FH Unri adalah kita sendiri, alumni. Kita harus bangga jadi alumni FH Unri, kita harus memperkenalkan FH Unri di nasional dan internasional. Kami siap memberikan bantuan untuk alumni yang belum S2, segera pulang dan ambil program Magister Hukum Unri.” harap Dr Maria.


SK Kepengurusan IKA FH Unri dibacakan oleh Sekum IKA Unri Aiden Yusti. Adapun pelaksanaan pengukuhan IKA FH Unri termasuk yang terbaik, besar dan istimewa. Karena diisi dengan diskusi Publik & Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dengan tema : "Kondusifitas dan Penegakan Hukum untuk melalui tahapan Pemilu 2024". 


Adapun nara sumbur dari Kejati, Polda, Bawaslu Pekanbaru. Dan hal ini dilakukan selaras dengan kondisi saat itu tentang masa pemilu 2024.


Di tempat yang sama Wakil Rektor III Dr Dr. Hermandra, S.Pd., MA mengucapkan selamat kepada pengurus IKA FH Unri yang telah dilantik. Mudah-mudahan pengurus baru mempunyai aksi yang besar bagi kemajuan Unri.


“Saat ini telah ada program S2 Hukum. Kami yakin tidak beberapa lama lagi akan ada S3 Hukum di Fakultas Hukum Unri. Saat ini dinamika dosennya mempuni, mungkin memenuhi syarat dan mudah-mudahan terpenuhi,” ucap Dr Hermandra.


Dr Hermandra mengajak seluruh alumni yang berada dari Sabang-Merauke jika bekerja di Riau untuk dapat kuliah kembali di Unri dengan mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Kami berharap sinergi yang baik antara IKA Fakultas, dengan IKA lain dan IKA Universitas dengan Universitas. Kemajuan kita itu juga dibangun oleh alumni. Saat ini Unri berusia 60 tahun memiliki kontribusi besar bagi Riau dan Indonesia. Dan saat ini memiliki 36 ribu mahasiswa dan alumni lebih dari 120 ribu orang,” ujarnya.


Usai pelantikan pengurus, dilanjutkan dengan diskusi publik. Ketua panitia pelantikan Wahyu SH mengucapkan terima kasih atas kehadiran nara sumber dan dukungan fakultas, alumni Unri dan lain-lain. 


“Dalam pelaksanaan ini sengaja kami juga menggagas diskusi terkait Pemilu. Dan dalam hal ini kami mendukung pelaksanaan proses pemilu damai yang digagas oleh pemerintah dan aparat penegak hukum, TNI Polri, KPU, Bawaslu dan pihak lainnya,” tutupnya. (*/pr2)