Gebyar QRIS Bersama GNPIP, Cukup Rp1 Bisa Beli Minyak Goreng 1 Liter
Cari Berita

Advertisement

Gebyar QRIS Bersama GNPIP, Cukup Rp1 Bisa Beli Minyak Goreng 1 Liter

Kamis, 07 Desember 2023

 

Pelepasan Mobil yang membawa bahan sembako, dalam rangka Gebyar QRIS Bersama GNPIP Tebus Murah Dengan QRIS, Kamis (7/12) di Halaman Kantor BI Riau. 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Guna lebih memperluas penguna Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) di Propinsi Riau, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau menggelar Gebyar QRIS 2023 yang berkolaborasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Riau dan BT BPD Riau Kepri Syariah. Dalam kegiatan tersebut nantinya akan digelar bazar berupa tebus murah minyak goreng 1 liter cukup dengan Rp1 saja. 


Dikatakan oleh Kepala Perwakilan BI Propinsi Riau, Muhammad Nur bahwa kegiatan ini dalam rangka mendorong digitalisasi pembayaran bagi masyarakat sekaligus upaya untuk terus memperkenalkan pembayaran non tunai hanya melalui QRIS. 


"Jadi Jadi kegiatan Gebyar QRIS bersama dengan GNPIP nanti akan dilakukan di 14 Kantor Cabang BRK Syariah yang berada di Kabupaten dan Kota Provinsi Riau. Jadi dengan penyaluran minyak goreng nanti kita harapkan bisa membantu ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat dan terkendalinya inflasi pada komoditas minyak goreng,” kata ," ujarnya, usai acara Kick Off Gebyar QRIS Bersama GNPIP, Kamis (7/12) di Halaman Kantor Perwakilan BI Riau.


Dikatakan Nur, kegiatan ini tidak hanya sekadar dorongan untuk transaksi digital, tetapi juga sejalan dengan peran TPID Provinsi Riau dalam mengendalikan inflasi pangan dengan kerangka 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif).


"Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami dan merasakan proses transaksi digital. Ini diharapkan dapat memicu peningkatan volume transaksi QRIS di Provinsi Riau," ungkapnya.


Sebagai kanal pembayaran nirsentuh, lanjut Nur QRIS telah menciptakan ekosistem pembayaran yang CeMuMuAh (Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal), baik dari sisi konsumen, sektor usaha, maupun transaksi pemerintah. Dalam kegiatan tebus murah ini, ditargetkan dalam kegiatan ini bisa menambah pengguna QRIS sebanyak 5.000 pengguna. 

Untuk pendistribusian minyak goreng seharga Rp 1 dengan pembayaran melalui QRIS akan didistribusikan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau ke beberapa Kantor Bank Riau Kepri Syariah dengan daftar sebagai berikut:

1.    Cabang BRKS Pekanbaru Utama
2.    Cabang BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad
3.    Cabang BRKS Pekanbaru Sudirman
4.    Cabang BRKS Air Molek
5.    Cabang BRKS Bagansiapiapi
6.    Cabang BRKS Bangkinang
7.    Cabang BRKS Dumai
8.    Cabang BRKS Pangkalan Kerinci
9.    Cabang BRKS Pasir Pangaraian
10.    Cabang BRKS Siak Sri Indrapura
11.    Cabang BRKS Teluk Kuantan
12.    Cabang Pembantu BRKS Pekanbaru Jalan Riau
13.    Cabang Pembantu BRKS Pekanbaru Panam
14.    Cabang Pembantu BRKS Bengkalis Duri Sudirman

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Syariah, Said Syamsuri mengatakan, kegiatan tebus murah menggunakan QRIS juga diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru, terutama komoditas minyak goreng.


"Meski baru perdana kali dilakukan, namun kita optimis jumlah pengguna QRIS baru terutama dari nasabah BRK Syariah bisa bertambah. Ini bentuk kerjasama antara BRK Syariah dan BI Provinsi Riau, dalam rangka Gebyar QRIS dan pengendalian inflasi di Riau," ujar Said.


Selain itu, menyambut Natal dan tahun baru nanti juga akan dilakukan operasi pasar dan pasar murah oleh Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Riau. Nantinya, masyarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga murah meriah karena sudah disubsidi oleh pemerintah.(nie)