Peringatan Maulid Nabi di IAI Lukman Edy Berlangsung Meriah
Cari Berita

Advertisement

Peringatan Maulid Nabi di IAI Lukman Edy Berlangsung Meriah

Rabu, 04 Oktober 2023


Rektor Institut Agama Islam Lukman Edy, Dr. H. Murah Syahrial, M.Sh. Ec dan Pembina Yayasan, H. Nurkhozin S Hadi, SE.,MP berserta para wakil rektor dan sejumlah dosen serta panitia peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW foto bersama usai acara di aula Ma’had Al-Jami’ah Laman Emas. ist 



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Institut Agama Islam Lukman Edy (IAILE) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di aula Ma’had Al-Jami’ah Laman Emas yang dilakukan selama 2 hari yaitu Selasa (03/10) dan Rabu (04/10). 


"Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAILE juga menggelar empat cabang perlombaan. Yaitu perlombaan pidato, tartil qur’an, kaligrafi dan lomba kebersihan kamar yang diperuntukkan khusus bagi seluruh mahasantriwati Ma’had Al-Jami’ah Laman Emas," ungkap presiden mahasiswa, Hasannudin Siregar Selaku. 


Dijelaskannya, adapun dewan juri dalam perlombaan tersebut langsung dari para dosen Institut Agama Islam Lukman Edy. Pada kesempatan itu, yang bertindak sebagai juri lomba pidato yakni Wakil Rektor II Dr. Asrial Saputra. S.E.I,. M.E.Sy dan Wakil Rektor III Jaidil Kamal, ME.Sy. Untuk perlombaan murotal qur’an yakni Mawardi, S. Sy, MH dan Ismadilah, S.E. 


Sementara pada perlombaan kaligrafi yakni Dr. Misra Netti, MA dan Andri, MH. Untuk lomba kebersihan kamar yakni Refi Rahma Wardani, S. Ak dan Anita Karolina, S.H sebagai juri pengecek ke kamar-kamar mahasantriwati dan langsung ditemani perwakilan dari panitia acara yakni Eka Nurmaya Dewi.


”Dengan diadakannya perlombaan untuk mahasiswa/i Institut Agama Islam Lukman Edy ini, bisa melatih public speaking, menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan mengasah bakat mahasiswa/i sesuai tema yang diangkat yakni ”Meneladani Kepribadian Nabi SAW," ujar Wakil Rektor II, Dr. Asrial Saputra, S.E.I,. M.E.Sy.


Lanjutnya, acara tersebut disponsori oleh Ma’had Al-Jami’ah Laman Emas, BMT Laman Emas dan sejumlah donatur lainnya. Perlombaan tersebut dimulai dari pukul 13.30 WIB dan selesai pada pukul 17. 23 WIB, Rabu (04/10).


"Acara puncak Maulid Nabi diadakan pada pukul 09.30 WIB. Acara dibuka oleh Nanda Putri Angraini dan Khairil Irfandi selaku MC dan dilanjutkan dengan penampilan sholawat yang dibawakan beberapa mahasantriwati Ma’had Al-Jami’ah Laman Emas, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan setelahnya kata sambutan dari Rektor Institut Agama Islam Lukman Edy Dr. H. Murah Syahrial, M.Sh. Ec dan kata sambutan dari Pembina Yayasan, H. Nurkhozin S Hadi, SE.,MP," paparnya. 


Penceramah dalam acara ini, tambahnya, yakni Ustadz Dr. H. Syafrinaldi, MA. MH yang juga da'i kondang yang telah melanglang buana di hampir seluruh pelosok Porivinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru yang menyampaikan beberapa pesan dalam acara tersebut. 


"Salah satunya kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus meniru akhlaknya. Walaupun tak sempurna, tapi setidaknya sedikit demi sedikit kita dapat meneladaninya dalam hidup dan kehidupan ini," ajaknya. 


Akhirnya, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu ditutup dengan pembagian hadiah pemenang lomba sebagaimana tersebut di atas. "Semoga dengan dilaksanakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita semakin yakin dan cinta kepadanya, amin," pungkasnya. (*/pr2)


Editor: M Ikhwan