Pertamina Trans Kontinental Borong Tiga Penghargaan Dalam Ajang HSE Indonesia Award 2023
Cari Berita

Advertisement

Pertamina Trans Kontinental Borong Tiga Penghargaan Dalam Ajang HSE Indonesia Award 2023

Senin, 19 Juni 2023

 

Tiga Penghargaan yang diraih oleh Pertamina Trans Kontinental

PEKANBARU, PARASRIAU.COM – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), yang merupakan Anak Usaha PT Pertamina International Shipping (“PIS”), dan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (IML) berhasil memborong tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Health, Safety & Environment (HSE) Indonesia Awards 2023 yang diselenggarakan oleh HSE Magazine pada Jumat, 16 Juni 2023 di Jakarta Selatan.


Dengan mengusung tema “Safety Excellence for Business Sustainability” HSE Magazine bekerjasama dengan DK3N (Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional) memberikan penghargaan dan Executive Talk mengenai HSE. Tiga penghargaan yang diperoleh oleh PTK antara lain, THE BEST HSE TEAM 2023 untuk kategori Oil & Gas Industries, THE BEST INNOVATION FOR HSE 2023 kategori Oil & Gas Industries, dan THE BEST CEO FOR HSE CORPORATE EXCELLENCE OF THE YEAR 2023 untuk Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan.


Nepos MT Pakpahan mengungkapkan terimakasih kepada HSE Magazine dan DK3N atas apresiasi serta penghargaan yang diberikan kepada PTK maupun kepada dirinya selaku Direktur Utama PTK. Nepos mengatakan bahwa “Penghargaan ini merupakan bukti bahwa PTK senantiasa berkomitmen dan memastikan seluruh operasional berjalan dengan kaidah Health Safety Security and Environment (HSSE). Hal ini pun didukung dengan berbagai program HSSE yang dijalankan dari manajemen atas hingga kru kapal, sehingga HSSE bukan hanya sebagai pedoman, namun sudah sampai ke tahap budaya sehari-hari”, ujar Nepos.


Dalam mengimplementasi HSSE, PTK telah menerapkan standar sistem manajemen seperti ISM Code, ISO 9001: 2015 terkait Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001: 2015 terkait Sistem Manajemen Lingkungan dan ISO 45001: 2018 terkait Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang terintegrasikan dalam satu sistem manajemen terintegrasi berupa pedoman HSSE yaitu pedoman Quality Health Safety Security Environment Management System (QHSSE-MS).


PTK juga mampu mempertahankan zero fatality dalam operasional serta mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak dalam aspek HSSE di tahun 2022 lalu. Selain itu, PTK juga mengembangkan SMILE yang merupakan singkatan dari Safety Minded Lead by Example yang bertujuan menjadikan HSSE sebagai budaya kerja. Untuk program digitalisasi, PTK mempunyai program aplikasi bernama SHEVIA yang merupakan singkatan dari Safety Health Education Virtual Immersive Application, simulasi pelatihan dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).


HSEIA 2023 merupakan ajang penghargaan untuk pihak yang mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (corporate) dan bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional (individual).***