Lanjutan Muswil ke-26, PD Muhammadiyah Pekanbaru akan Gelar Musyda ke-12
Cari Berita

Advertisement

Lanjutan Muswil ke-26, PD Muhammadiyah Pekanbaru akan Gelar Musyda ke-12

Kamis, 25 Mei 2023

Lanjutan Muswil ke-26, PD Muhammadiyah Pekanbaru akan Gelar Musyda ke-12 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM -Pada tanggal 27-28 Mei mendatang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pekanbaru akan menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) ke 12.


Musda ini merupakan lanjutam dari rangkaian pasca dilaksanakannya Musyawarah wilayah (Musywil) ke 26 Muhammadiyah Riau di Kuansing.


Dikatakan Ketua PDM Pekanbaru Jabarullah S.Sos bahwa pelaksanaan Musywil haruslah diselenggarakan paling lambat tiga bulan setelah itu PDM seluruh kabupaten kota di Riau wajib melaksanakan Musyda. Dimana agenda pelaksanaanya yakni menyampaikan  laporan pertanggungjawaban selama kepengurusan PDM, penetapan program daerah, pemilihan anggota pimpinan dan pengesahan ketua.


"Pengurus PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru telah menjadwalkan bahwa pelaksanaan Musyda ke12 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Pekanbaru pada 27-28 Mei. Kegiatan ini akan diikuti kurang lebih 500 peserta diantaranya 250 peserta dari utusan pemuda Muhammadiyah dan Aisyiyah kabupaten kota, kemudian ditambah kurang lebih 157 orang dari utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), Ortom dan pimpinan majelis/lembaga PDM Pekanbaru," ujarnya.


Dijelaskannya, penetapan pelaksanaan Musywil Muhammadiyah ke 12 ini berdasarkan surat dsri PW Muhammadiyah Riau, dengan nomor 030/II.0/A/202 dimana memberitahukan agar PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru untuk melaksanakan Musywil ke 12. 


Ia juga memastikan bahwa pelaksanaan Musywil ini merupakan hasil keputusan yang sah dsri pengurus PW Muhamamdiyah Riau. Sehingga apabila ada selain ini, dirinya mengatakan bahwa itu tidaklah sah. 


Dalam pelaksanaan Musywil ke 12 ini, nantinya akan digelar beberapa kegiatan diantaranya, diawali dengan kegaitan pawai ta'aruf pukul 07.00 WIB mulai dari depan Rumah Sakit Eka Hospital sampai dengan Hotel Grand Suka yang dikuti oleh seluruh anggota PDM, PCM, PRM dan warga Muhammadiyah Pekanbaru. 


"Jadi untuk memeriahkan Musyda ke 12 PDM Pekanbaru, maka juga digelar berbagai kegiatan diantaranya senam sehat, pengobatan gratis, lomba mewarnai logo Musda, Diklatsar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Seminar Riau Hijau dan pembagian 3000 bibit buah-buahan serta pawai taaruf," ungkap Jabarullah. 


Adapun hasil dari pelaksanaan Musywil PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru ini nantinya akan memilih dan menetapkan keepengurusan yang baru. Dimana dari 59 orang peserta aktif yang memiliki hak keanggotaan untuk menetapkan pengurus, akan diseleksi menjadi 39 orang. Setelah itu lebih dikerucutkan lagi menjadi 13 orang, dimana jumlah tersebut adalah akhir dan didalamnya juga langsung ditetapkan ketua. 


"Jadi meski dari 13 orang dari hasil skhir tersebut, terpilih berdasarkan suara terbanyak tapi tidak lah keputusan mutlak langsung menjadi ketua tetapi berdasarkan hasil keputusan bersama," pungkasnya. (pr2)


Editor: M Ikhwan