Stabilkan Harga Kebutuhan Sehari-hari, Pemkab Bengkalis Gelar Gerakan Pangan Murah
Cari Berita

Advertisement

Stabilkan Harga Kebutuhan Sehari-hari, Pemkab Bengkalis Gelar Gerakan Pangan Murah

Jumat, 14 April 2023


 Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono (foto kanan) didampingi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Susy Hartati (foto kiri) usai meninjau pelaksanaan Gerakan Pangan Murah.


BENGKALIS, PARASRIAU.COM - Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Riau untuk menstabilkan harga kebutuhan sehari-hari, yakni melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah. 


Kegiatan ini dibuka Bupati Kabupaten Bengkalis yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis, Kamis 13 April 2023 kemarin.


Tampak warga begitu antusias menyerbu sejumlah stand kebutuhan pokok, karena harganya terjangkau. Beras 5 kg dijual Rp48 ribu, tepung terigu Rp13.500/kg, gula Rp14 ribu/kg, daging sapi Rp95 ribu/kg, minyak goreng Rp14 ribu/liter, telur Rp46 ribu/papan dan daging ayam Rp20 ribu/kg.

Selain itu, dijual juga sejumlah sayuran seperti cabai rawit dan cabai merah Rp28 ribu/kg, bawang putih Rp26 ribu, bawang merah Rp18 ribu, pare/paria Rp12 ribu/kg, gambas Rp10 ribu/kg, timun Rp7 ribu/kg, serta sayuran segar lainnya.


Andris saat meninjau mengatakan, kegiatan ini untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok, terutama saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H.


Kepada warga yang berbelanja, Andris mengimbau agar berbelanja sesuai keperluan bukan berdasarkan keinginan. Sebab, krisis inflasi yang terjadi saat ini memerlukan peran aktif masyarakat.


"Karena kalau masyarakat berbelanja sesuai keinginan, maka akan menyebabkan keperluan pangan akan meningkat, dan ketika keperluan meningkat, maka akan berpengaruh pada kenaikan harga, yang justeru akan berdampak kepada masyarakat sendiri sebagai konsumen pangan," pesannya mengakhiri.


Seorang warga, Omi Widodo menyebut sangat terbantu dengan gerakan pangan murah. Sebab harganya memang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga pasar.


Begitu juga pengakuan Sunarti, ibu muda itu berharap Pemkab Bengkalis sering menggelar kegiatan pangan murah. "Ini sangat membantu ibu-ibu. Apalagi sekarang barang serba mahal, di sini masih terjangkau. Kalau bisa Pemkab Bengkalis lebih sering membuat pangan murah seperti ini tidak hanya saat puasa aja," tutupnya. (Inf)