Gubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Marwah Melayu
Cari Berita

Advertisement

Gubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Marwah Melayu

Rabu, 10 Agustus 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Riau dikenal dengan ciri khas budaya Melayu. Kebudayaan ini juga dipengaruhi oleh agama Islam. Itulah mengapa Melayu tidak bisa dipisahkan dengan Islam. Harga diri Melayu akan tetap terpelihara jika masyarakat di negeri Riau menjaga dengan baik marwah Melayu. 


Terlebih lagi bagi kalangan anak muda, budaya Melayu lebih menjati diri sehingga anak milenial tidak buta akan budaya Melayu dan sejarah Riau. 



Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak seluruh masyarakat Riau untuk menjaga atau menjaga marwah Melayu. Menurut Gubri, kalaulah marwah itu sendiri tidak bisa dijaga, orang lain tidak akan segan dan menghormati kita. 


"Perlu kita jaga negeri (Riau) ini, yaitu marwah Melayu harus kita pelihara, karena kalau marwah tidak akan terpelihara orang tidak akan segan kepada kita," kata Gubernur Syamsuar dalam acara sempena event Tahun Baru Islam 1444 H, Hari Adat se-Dunia dan HUT ke - 65 Provinsi Riau di Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Selasa (9/8/2022) malam. 


Untuk itu, Gubri mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Riau agar menanamkan rasa memiliki negeri Riau yang memiliki banyak keberkahan. 


"Riau negeri yang berkah, perlu kita jaga negeri ini," ajak Gubri seraya menyebut kekayaan sumber daya alam Riau seperti minyak yang tak habis-habis adalah salah satu bukti berkah dan karunia dari Tuhan.


Ini juga karena di Riau sejak dulu selalu ditinggali oleh orang-orang soleh. Bahkan raja-raja dari kerajaan Melayu banyak dari keturunan Nabi, yang merupakan orang-orang soleh.


Di sisi lain, Gubri juga berharap LAM Riau dapat memainkan peran dan fungsi untuk menjaga dan menjaga adat budaya Melayu yang tidak benar-benar bermanfaat. 'Kadang tari persembahan saja ada yang pakai sepatu, apa begitu," tanya Gubri seraya meminta LAM Riau hal-hal seperti ini.


Hal serupa juga disampaikan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Marjohan Yusuf, mengatakan sebagai negeri yang memiliki banyak berkah didalamnya, Riau perlu dipelihara dan dirawat, sehingga semakin banyak berkah yang datang dari pencipta ke tanah Melayu Riau. "Negeri kita adalah negeri yang berkah untuk itu kita harus memeliharanya," pungkas Marjohan Yusuf. (*)


Editor: M Ikhwan