Digelar Secara Luring, Sebanyak 1.538 Mahasiswa UIR Diwisuda
Cari Berita

Advertisement

Digelar Secara Luring, Sebanyak 1.538 Mahasiswa UIR Diwisuda

Rabu, 15 Juni 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Islam Riau mewisuda sebanyak 1.538 wisudawan dan wisudawati yang hanya berlangsung satu hari pada Rabu (15/6/2022). Gelaran wisuda kali ini merupakan kali kedua dilaksanakan secara luar jaringan pascapandemi Covid-19 melanda. Acara dilaksanakan di Venue Gor Volly UIR.


Rektor Universitas Islam Riau Prof.Dr.H. Syafrinaldi, SH,MCL dalam sambutannya sekaligus membuka Rapat Senat Terbuka mengungkapkan kondisi pandemi yang semakin membaik di Pekanbaru memungkinkan para wisudawan untuk hadir di seluruh kampus UIR.


"Walaupun pandemi covid 19 sudah mereda tapi kita harus menjaga menjaga protokol kesehatan, karena masih menjaga protokol kesehatan maka pada wisuda kali ini atau pendampingan wisuda tidak diperbolehkan hadir dalam acara," ujar Syafrinaldi.


Syafrinaldi mengatakan UIR selalu fokus pada kemampuan kompetensi mahasiswa dan lulusan, ini terbukti dengan berbagai bentuk kerjasama serta berbagai projek kolaboratif dalam dan luar negeri oleh sivitas akademika sebagai perwujudan Misi UIR 2041 yaitu "Menjadi Universitas Kelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa" .


"Menjadi Universitas berkelas dunia tentu membutuhkan berbagai dukungan dan peran bersama untuk mewujudkannya, baru-baru ini Universitas Islam Riau berhasil terpantau oleh radar World Class University dengan masuk dalam jajaran 20 besar oleh WCU Analisis dan semoga dengan pemenuhan berbagai instrumen yang sedang kita lengkapi kelak pada tahun depan UIR sudah bisa masuk dalam jajaran World Class University tersebut," ungkap Syafrinaldi.


Lebih lanjut, Syafrinaldi berujar optimisme untuk mewujudkan Misi UIR 2041 menjadi universitas islam berkelas dunia yang dibutuhkan dukungan serta usaha dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. UIR juga mendukung segala bentuk pengembangan pada prestasi prestasi akademik dan non akademik oleh civitas akademika Universitas Islam Riau.


Ketua YLPI Dr Nurman SSos MSi menyampaikan, dalam bidang pendidikan YLPI ikut bersumbangsih dalam memajukan pendidikan dengan menelurkan insan-insan yang berprestasi dari sekolah serta institusi pendidikan yang diwadahi oleh YLPI.


"Kami berterima kasih kepada para orangtua yang telah menitipkan anaknya pada kami, sehingga anaknya bisa diwisuda pada hari ini dan membanggakan orangtua. Selamat juga kepada wisudawan sekalian, pergunakan ilmu yang telah ananda terima dari UIR dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan untuk digunakan terjun langsung ke masyarakat," pesannya.


Hadir juga Kepala LLDIKTI Wilayah X yang diwakili oleh Elly Susanti, SE, MM sebagai Analis Kepegawaian Ahli Madya pada LLDIKTI Wilayah X mengungkapkan Universitas Islam Riau salah satu Universitas yang unggul dari segi kuantitas mahasiswa, rasio dosen serta banyak guru besar di ruang lingkup LLDIKTI X , ini menjadi angin segar untuk UIR agar segera bisa menjadi salah satu perguruan tinggi yang masuk ke dalam standarisasi World Class University.


Dipatuhinya protokol kesehatan terlihat dari diminimalisir kehadiran tamu serta pemangku kepentingan. Untuk mencegah UIR menerapkan peraturan untuk para wisudawan/ti tidak ditemani oleh orang tua atau pendamping sebagai solusi UIR untuk keluarga wisudawan bisa tetap menyaksikan momen bahagia tersebut melalui streaming di channel Youtube Uirofficial.


Langkah lainnya yang dilakukan UIR adalah meniadakan beberapa agenda seremonial saat wisuda. Wisudawan juga tidak akan berlama-lama di dalam ruangan. Karena setelah kucir dipindah, para wisudawan akan langsung diarahkan ke venue untuk langsung pulang.


Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemberian reward secara simbolis dari Rektor berupa uang tunai sebesar 1 juta Rupiah kepada 10 pemuncak arsitektur dan pascasarjana serta pemberian reward kepada pemuncak tingkat Universitas yaitu Furizal dari Fakultas Teknik Informatika senilai 2,5 juta Rupiah.


Pemuncak Fakultas Hukum Reki Wahyudi IPK 3,94. [Agama Islam Wirdhatul Jannah IPK 3,95. [Pertanian Putri Anggun Yulita IPK 3,84. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ismayanti Ananda Putri 3,85.


[Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ghannes Priyanka IPK 3,93. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik IPK Dian Venita Sary IPK 3,95. [Psikologi Psikologi Aldrilla Febriana Siregar IPK 3,76. [Ilmu Komunikasi IPK 3,88. Pascasarjana Yola Alfia Masdar IPK 3,99. Pemuncak Fakultas Teknik sekaligus pemuncak Universitas Furizal IPK 3,97. (*/pr2)


Editor: M Ikhwan