KH Muhammad Mursyid Kembali Nakhodai Mathlaul Anwar Riau Periode 2022-2027
Cari Berita

Advertisement


KH Muhammad Mursyid Kembali Nakhodai Mathlaul Anwar Riau Periode 2022-2027

Senin, 28 Maret 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tokoh agama yang juga Pemimpin Pondok Pesantren Khairul Ummah, KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I kembali menakhodai organisasi Mathlaul Anwar (MA) Provinsi Riau. 


Ia terpilih secara aklamasi untuk yang kedua kali dalam rangkaian acara Musyawarah Wilayah (Muswil) MA Provinsi Riau periode 2022 - 2027.


Kegiatan Muswil dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara dan puncaknya pada hari Jumat dan Sabtu (25 - 26 Maret 2022) lalu. Adapun tema Muswil Mathlaul Anwar Provinsi Riau ini, Arah Baru Menata Umat, Merekat Bangsa.


Sedangkan tempat pelantikan, bertempat di Pondok Pesantren Khairul Ummat Jalan Gaja Pekanbaru. Pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar (PBMA) KH Embay Mulya Syarief, didampingi Sekretaris Jenderal PBMA Dr Jihaduddin MPd.


Selain itu turut hadir dalam acara penuh hikmat ini, Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Pemerintah Provinsi Riau H Masrul Kasmy, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Anggota DPRD Provinsi Riau H Sofyan Siroj Lc MM dan para undangan lainnya.


Sebagian besar Pengurus Daerah (PD) Mathlaul Anwar yang ada di kabupaten/kota juga hadir, seperti Kabupeten Meranti, Siak, Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan dan lainnya.


Ketua Umum PBMA KH Embay Mulya Syarief dalam sambutannya mengatakan, Mathlaul Anwar Provinsi Riau tak hanya sekedar menjadi cahaya di Riau, tetapi bagi bangsa Indonesia dan bahkan manca negara. 


Ia sangat mengapresiasi atas perkembangan pendidikan di Riau yang digerakkan oleh para pengurus maupun kader-kader Mathlaul Anwar di Riau.


"Semoga Mathlaul Anwar ke depan semakin jaya dan terus memancarkan cahayanya, bukan saja cahaya dari Riau untuk Indonesia, tetapi ke berbagai manca negara," ujar pria kelahiran Pandeglang, Banten.


Tokoh masyarakat Banten yang juga termasuk salah satu pendiri Provinsi Banten ini, menyatakan bersyukur atas terselenggaranya Muswil MA Provinsi Riau secara lancar, teduh, sejuk, dan penuh kekeluargaan.


Embay kembali menekankan, MA akan terus konsisten dan berkomitmen penuh untuk meningkatkan peran Mathlaul Anwar dalam mencerdaskan serta meningkatkan ekonomi umat melalui bidang pendidikan, dakwah, dan sosial. Sehingga keberadaan Ormas Islam yang termasuk tertua di Indonesia, akan semakin bermanfaat bagi umat dan bangsa Indonesia.


Sementara itu, KH Muhammad Mursyid yang terpilih menyatakan komitmennya bersama pengurus terhadap dunia pendidikan. Bahkan dalam waktu dekat ini, direncanakan akan dilakukan peletakan batu pertama rencana pendirian perguruan tinggi.


"MA Riau akan bersinergi dengan semua pihak, pemerintah, swasta dan semua elemen anak bangsa. MA Riau akan menjadi cahaya untuk Indonesia, khususnya melalui dunia pendidikan," ungkap Ketua Umum MA Provinsi Riau terpilih. (*)


Editor: M Ikhwan