Didukung HIPMI Riau, PORDI Kembali Gelar Turnamen Domino se-Riau
Cari Berita

Advertisement


Didukung HIPMI Riau, PORDI Kembali Gelar Turnamen Domino se-Riau

Senin, 15 November 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau bersama Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Riau akan menggelar Open Tourmament Domino pada 28-29 November 2021 mendatang di Mabest Kopi Jalan Rambutan, Pekanbaru.


Menjelang turnamen digelar, segala persiapan telah mulai dilakukan HIPMI dan PORDI Riau. Antara lain mempersiapkan blanko pendaftaran, peraturan pertandingan domino terbaru dan sebagainya.


"Alhamdulillah, PORDI Riau mendapat kepercayaan dan dukungan dari Ketua HIPMI Riau Bung Rahmat Illahi untuk bersama-sama menyelenggarakan turnamen domino ini. Mudah-mudahan permainan domino ini semakin dikenal masyarakat Riau sebagai salah satu cabang olahraga di tanah air. Terimakasih kepada Bung Rahmat Ilahi dan teman-teman HIPMI Riau," kata Ketua PORDI Riau, H Zulmansyah Sekedang.


Turnamen domino kali ini terbuka untuk semua kalangan dan gratis tanpa dipungut biaya apapun. Nantinya akan mempertandingkan berpasangan atau double. "Khusus pasangan silahkan dibawa masing-masing dan tidak dilakukan undian. Saat pendaftaran, setiap pasangan harus melampirkan KTP kedua pemain," jelas Zulmansyah, Senin (15/11/2021) sore seusai musyawarah pembentukan Panitia Turnamen.


Musyawarah yang dipimpin langsung Ketua PORDI Riau itu juga dihadiri Penasehat H Mansur, Sekretaris Satria Utama Batubara, Wakil Ketua Pordi Riau Edhar Darlis, Bendahara Pordi Riau Yandri Rahman, Divisi Wasit Asdedi Wijaya, Denni Risman, Divisi Logistik Jinto Lumban Gaol, Herlina, Divisi Bina Prestasi Alzam Deri, Divisi Pertandingan Rahman, Divisi Dana dan Sponsorship Fahrul Rozi, Fitrah Dayun serta Divisi Humas dan Multimedia Zulmiron dan Zulfilmani.


Meski terbuka dan gratis, pendaftaran peserta turnamen tetap dibatasi maksimal hanya 128 pasangan saja. Pendaftaran akan ditutup Sabtu, 27 November 2021 atau bilamana kuota pemain sudah terpenuhi.


"Ayo segera mendaftar. Jangan sampai kehabisan tempat. Untuk pendaftaran dipersilahkan menghubungi panitia di Sekretariat Pordi Riau di Mabest Kopi Jalan Rambutan, Pekanbaru atau dapat menghubungi Ketua Panitia Fitrah Dayun HP 081371792141 atau Eka Kurniawati HP 085278638316," sebut Zulmansyah. (*)


Peraturan Pertandingan Domino Pordi Riau :


1. Babak penyisihan; Permainan sebanyak dua set, satu set bermain 7 putaran/ 7 gocokan batu. Poin setiap set kemenangan dihitung 1. Pemenang ditentukan yang meraih kemenangan 2 set atau poin 2 terlebih dahulu. Jika dua set berurutan diraih oleh satu pasangan, maka set ke 3 tidak dimainkan lagi. Jika set ke dua poin berimbang, set ke tiga dilanjutkan dengan 3 putaran/3 gocokan.
   
Setiap pergantian set, pasangan yang kalah bertukar tempat. Jika sampai 7 putaran/7 gocokan nilai pemain sama, maka ditambah satu putaran lagi.


2. Babak perempat final, semifinal dan final pertandingan berlangsung dua set dengan masing-masing 10 gocokan/10 putaran. Jika set ke dua, poin imbang, dilanjutkan dengan set ke tiga dengan 10 putaran/10 gocokan.


3. Batu pertama turun balak/palang 6 (enam). Baik pada permainan awal, pergantian set atau saat batu beradu seri/ draw.


4. Setelah batu diambil, tangan pemain turun ke bawah. Batu tidak boleh lagi ditukar letak.


5. Pemain dilarang bersuara selama pertandingan, juga dilarang merokok. Teguran dilakukan sampai dua kali. Teguran ketiga dengan pengurangan poin 1


6. Pemain dilarang melakukan gerakan yang bisa dianggap memberi kode. Teguran diberikan sampai dua kali. Teguran ketiga dengan pengurangan poin 2


7. Pengocokan batu di babak penyisihan dilakukan pemain yang kalah dan batu yang mengambil pertama adalah pemain yang menang.


Perhitungan Poin :

1 Masuk :
A. Masuk biasa, poin 1
B. Masuk dengan balak/palang poin 2


2. Batu beradu (batu beradu lawan kiri kanan, pasangan tidak ikut)
A. Menang, poin 2
B. Kalah, pasangan yang mengadu di denda 1 poin (minus 1) dan 2 poin untuk lawan
C. Draw/seri, poin 1 untuk lawan


3. Masuk Ceki
A.  Ceki habis atau masuk atas bawah atau disebut juga masuk ekor kepala, POIN 3
B.. Ceki palang atau masuk apabila kiri kanan dengan angka yg sama lalu ditutup dengan batu balak atau angka double, POIN 4


4. Salah turun DENDA minus 1 poin, permainan tetap dilanjutkan


5. Batu ada tapi mengatakan PAS, DENDA minus 3 poin, langsung KOCOK ULANG


6. Batu yang sudah terambil/terangkat, wajib turun. Jika diletakan kembali, maka sanksi denda minus 1 poin. Permainan tetap dilanjutkan.


Sumber: Divisi Wasit Pordi Riau


Editor: M Ikhwan