Atasi Pandemi, Gapki Riau Dukung Program Vaksinasi
Cari Berita

Advertisement


Atasi Pandemi, Gapki Riau Dukung Program Vaksinasi

Sabtu, 07 Agustus 2021



PELALAWAN, PARASRIAU.COM - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) cabang Riau mendukung program vaksinasi yang tengah digencarkan di seluruh Indonesia. Seperti yang ditekankan pemerintah, agar pandemi Covid 19 segera teratasi, maka sangat diperlukan kerja sama dan dukungan banyak pihak.


“GAPKI mendukung program vaksinasi dan program-program lain dalam rangka mengendalikan pandemi Covid-19,” kata Maryanto, Sekretaris Eksekutif GAPKI Cabang Riau.


Menurut Maryanto, sebagian besar perusahaan di Riau bergerak di industri kelapa sawit. Kontribusi terhadap percepatan jumlah masyarakat yang telah divaksin tentu akan baik bagi upaya menjaga dan melindungi kesehatan masyarakat. “Kesehatan menjadi kunci yang sangat penting bagi kesejahteraan,” lanjut Maryanto yang sekaligus berharap program vaksinasi dapat membuat masyarakat aman dan nyaman dalam bekerja.


GAPKI juga ikut berkontribusi dalam Program pembangunan Rumah Oxygen di Pekanbaru. GAPKI Riau berharap program tersebut juga bisa turut berkontribusi dalam penanganan pandemi.


Pandemi Covid-19 di Provinsi Riau masih menunjukkan angka yang terus naik. Hingga saat ini, angka kasus aktif sebanyak 2.000 kasus baru. Anak-anak usaha grup Astra Agro di Riau yang juga tergabung dalam GAPKI menggelar program Vaksin Gotong Royong. Perusahaan kelapa sawit tersebut beroperasi di 4 kabupaten yakni Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Rokan Hulu. Mereka adalah PT Sari Lembah Subur (SLS), PT Sawit Asahan Indah (SAI), PT Kimia Tirta Utama (KTU), PT Ekadura Indonesia (EDI) dan PT Tunggal Perkasa Plantation (PT TPP).   


Sekda Kabupaten Pelalawan, Drs. H. Tengku Muhklis, yang mewakili Bupati menyatakan bahwa Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi peran serta perusahaan. "Ini sangat membantu pemerintah dalam membangun kekebalan imun masyarakat kita. Kita butuh kontribusi banyak pihak termasuk stakeholder maupun perusahaan, agar target vaksinasi 70% dari masyarakat kita akan segera terealisasi," jelasnya sambil menegaskan bahwa vaksinasi tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah Daerah semata, perlu kontribusi semua pihak termasuk perusahaan. 


Dede Kurniawan, Community Development Area Manager (CDAM) Astra Agro Riau, vaksinasi tersebut merupakan aplikasi dari program Vaksin Gotong Royong. “Keikutsertaan kami pada program ini merupakan komitmen kami untuk bersama-sama mempercepat imunitas kolektif agar pandemik Covid-19 ini dapat segera berakhir,” ungkapnya. 


Program ini direncanakan akan selesai pada tanggal 9 Agustus 2021. “Kami menargetkan seluruh karyawan dan keluarga mendapatkan vaksinasi,” lanjutnya. 


Pada periode ini, sebanyak 9.910 peserta akan mendapatakan vaksin.


“Semoga dengan program ini, herd immunity dapat segera tercapai. Dengan demikian aktivitas masyarakat dapat segera kembali normal agar dapat terus menggerakkan roda perekonomian, terutama di Provinsi Riau,” ungkap Dede. (*)


Editor: M Ikhwan