Alfedri Serukan Masyarakat Bayar Zakat, Tahun Ini Ditargetkan Mencapai Rp20 M
Cari Berita

Advertisement


Alfedri Serukan Masyarakat Bayar Zakat, Tahun Ini Ditargetkan Mencapai Rp20 M

Jumat, 09 Juli 2021


 

SIAK, PARASRIAU.COM - Bupati Siak, Alfedri optimis bahwa tahun 2021 ini dana zakat bisa mencapai angka Rp20 miliar. Pasalnya, potensi dana zakat bisa terkumpul dan terus meningkat dari tahun ke tahun. 


"Alhamdulillah, perolehan zakat di Kabupaten Siak per semester ini dihitung sudah mencapai Rp10,8 miliar. Untuk semester selanjutnya kalau bisa segitu lagi, bisa Rp20 miliar," ungkap mantan Ketua Baznas Siak itu, Jumat (9/7/2021). 


Alfedri menyampaikan dalam dua tahun terakhir pengumpulan zakat meningkat, tahun 2019 lalu terkumpul Rp15,2 miliar, sedangkan tahun 2020 naik menjadi Rp17 miliar per tahun. 


Dengan bertambahnya pengumpulan Zakat itu menandakan bahwa semangat dan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat semakin meningkat. Alfedri menyerukan kepada masyarakat untuk aktif dalam membayar zakatnya. 


"Kami doakan semoga para Muzaki diberi keberkahan dengan hartanya. Bagi masyarakat yang sudah sampai nisab dan haulnya agar membayarkan zakatnya. Sesuai mottonya dimana didapat, di situ berzakat," katanya. 


Menurutnya zakat mempunyai peran penting dalam membantu para mustahik yang membutuhkan. Ditambah lagi dengan berbagai program Baznas Siak yang telah bekerjasama dengan Pemkab Siak bisa jadi meningkatkan ekonomi masyarakat di Siak. 


"Apalagi kondisi pandemi saat ini banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Baznas ini bisa menjadi pondasi untuk mengangkat kembali ekonomi yang terpuruk lewat program bantuan-bantuannya," sambungnya. 


Ketua Baznas Kabupaten Siak, Abdul Rasyid Suharto Pua Upa mengatakan bahwa untuk tahun 2021 Baznas juga menargetkan muzaki sebanyak 16.000 orang. "Penambahan muzaki akan berdampak pada hasil pengumpulan zakat. Kami target muzaki bisa mencapai 16 ribu orang tahun ini," jelasnya. 


Saat ini, Baznas Siak tengah melakukan pendistribusian zakat tahap ke III untuk 14 kecamatan yang ada, rata-rata tiap kecamatan disalurkan kepada 90 lebih mustahik dengan pola konsumtif. Mustahik akan mendapatkan Rp600 ribu dengan rincian Rp300 ribu uang tunai dan Rp300 ribu berbentuk Sembako. ***