Hindari Kerumunan, DPRD Minta Balimau Kasai di Rumah Saja
Cari Berita

Advertisement


Hindari Kerumunan, DPRD Minta Balimau Kasai di Rumah Saja

Minggu, 11 April 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Di masa pandemi Covid-19 anggota DPRD Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah seperti menghindari kerumunan. Salah satunya tidak menghadiri acara Balimau Kasai.


Mandi Balimau Kasai atau Petang Megang menjadi tradisi masyarakat di Riau menjelang memasuki Ramadan sebagai simbol penyucian diri.


Namun yang perlu diingat saat ini Covid-19 masih terus menghantui. Meskipun sudah ada vaksin, setiap harinya jumlah pasien yang terpapar Covid-19 selalu bertambah.


“Untuk Balimau Kasai, saya kira di rumah sajalah. Yang pertama, ekonomi lagi sulit, jangan membuat kegiatan seremonial yang menghabiskan uang banyak," cakap Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Ahad (11/4/2021).


Lanjut politisi Demokrat ini, dirinya bukan mengesampingkan adat istiadat. Hanya saja karena hancurnya ekonomi juga berimbas kepada APBD daerah serta dikhawatirkan acara Balimau Kasai akan memancing kerumunan sehingga bisa menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.


"Balimau di rumah kan juga sama. Balimau Kasai di rumah. Patut nggak rasanya ditengah pandemi seperti ini kita melaksanakan kegiatan yang menghabiskan uang banyak dan mengundang kerumunan? Kira-kira itu nanti siapa yang harus bertanggungjawab?," tutupnya. ***