Penyerahan 30 Unit Rusus Nelayan, Bupati Suyatno: Jangan Diperjualbelikan
Cari Berita

Advertisement


Penyerahan 30 Unit Rusus Nelayan, Bupati Suyatno: Jangan Diperjualbelikan

Selasa, 16 Maret 2021


ROKANHILIR, PARASRIAU.COM - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno menyerahkan 30 unit rumah khusus (Rusus) nelayan Kecamatan Bangko kepada masyarakat penerima, Selasa (16/3/2021).


30 unit rumah khusus nelayan tersebut berada di kampung pinggir laut (KPL) kelurahan bagan timur, Kecamatan Bangko.



Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada kementrian yang telah mengucurkan anggaran guna pembangunan 30 unit rumah khusus nelayan tersebut.


Dimana sebutnya, rumah tersebut sangat dinanti dan dibutuhkan masyarakat khususnya nelayan yang kurang mampu. Bupati juga meminta agar pembangunan rumah khusus nelayan dapat diberikan kembali pada tahun-tahun berikutnya.


Sebelum diresmikan lanjut Bupati, memang sempat terjadi kendala. Dimana, rumah-rumah tersebut telah ditempati masyarakat. Padahal, para penerima belum ditentukan oleh Dinas Perkim.


"Terimakasih kami pemerintah daerah kepada pak menteri yang telah berbagi belah untuk memikirkan masyarakat kami khususnya nelayan sehingga rumah ini terbangun dengan cukup megah dan cukup indah," katanya.


Dalam kesempatan itu, Bupati menegaskan kepada para penerima untuk tidak memperjual belikan rumah yang telah diserahkan tersebut.


"Pesan saya kepada bapak Ibu sekalian yang tinggal di rumah ini, jangan sampai diperjualbelikan, ini aset pemerintah dan milik negara, bagi yang memperjual belikan bisa di pidana,"paparnya.


Selain itu, Bupati juga berpesan agar rumah yang telah dibangun dan diserahkan dapat dijaga dan dirawat dengan baik.


Kepala Dinas Perkim Zulfahmi ST MT dalam sambutannya mengatakan, 30 unit rumah khusus nelayan beserta fasilitas pendukung nya tersebut dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara  (APBN).


Dimana lanjut Zulfahmi, pembangunan 30 unit rumah ini masih sangat kurang. Sebab, masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan. Sehingga, Kadis Perkim berharap pembangunan serupa dapat kembali diberikan kementerian untuk kedepannya.


Sementara itu, Kepala Balai Perumahan kawasan Riau Zubaidi ST MT dalam sambutannya mengatakan, Kementerian fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional serta kualitas kehidupan sosial dampak dari pandemi covid 19 yang telah lebih dari 14 bulan lamanya sama-sama dirasakan.


Pembangunan rumah khusus nelayan ini terangnya, diselenggarakan mulai anggaran APBN tahun 2020 melalui satuan kerja Provinsi Riau direktorat jenderal perumahan kementerian PUPR dan telah selesai dalam waktu 6 bulan.


Rumah khusus nelayan ini katanya, berupa bangunan tempat tinggal sebanyak 30 unit dengan luas 28 meter persegi yang terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tengah dan kamar mandi yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah Kabupaten Rohil.


"Bagi masyarakat penghuni rumah ini rawat dan sayangi lah dengan baik seperti diri sendiri," pungkasnya.


Peresmian dan serah terima rumah khusus nelayan itu tampak dihadiri Waka Polres Rohil AKBP James Rianov Syaloom Rajagukguk, Pasiter Kapten inf Kairul, Kasi Intel Kejari Rohil Abdullah SH, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Camat Bangko Rijalul Fikri, beberapa kepala OPD serta undangan lainnya. (rls Diskominfotik)


Editor: M Ikhwan