KNKT: Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh Sempat Hadapi Cuaca Buruk
Cari Berita

Advertisement

KNKT: Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh Sempat Hadapi Cuaca Buruk

Rabu, 03 Februari 2021



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini masih melakukan investigasi penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air nomor registrasi PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontioanak yang jatuh pada 9 Januari 2021. Dari data yang sudah dikumpulkan, pesawat tersebut sempat menghadapi cuaca buruk.


"Dia lepas landas pada pukul 14.36 WIB, setelah itu sempat meminta arah 075 kepada menara pengawas karena menghindari cuaca," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (3/2/2021).


Soerjanto menjelaskan, saat pesawat tersebut terbang, sebelumnya terdapat pesawat Air Asia dengan tujuan atau rute yang sama Jakarta-Pontianak. Sementara, setelah pesawat Sriwijaya Air lepas landas, terdapat satu pesawat dengan rute yang sama juga.


"Namun, kedua pesawat yang di depan dan di belakangnya (Sriwijaya Air PK-CLC) ini tidak ada masalah," ujar Soerjanto.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pesawat tersebut lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB dengan tujuan Pontianak. 

Setelah lepas landas, Budi mengatakan, pesawat tersebut masih berkomunikasi dengan pemandu lalu lintas di Bandara Soekarno-hatta.


"Penerbangan berjalan normal sampai menjelang pukul 14.10 WIB hilang kontak dan tidak memberikan respons kepada pemandu penerbangan," jelas Budi.


Setelah hilang kontak terjadi, Budi memastikan, koordinasi dilakukan dengan Basarnas untuk pencarian pertolongan. Selanjutnya, pesawat ditemukan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, tepatnya di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki. (republika)


Editor: Anto Chaniago