10 Masjid di Arab Saudi Ditutup Gara-gara Jamaah Kena Corona
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

10 Masjid di Arab Saudi Ditutup Gara-gara Jamaah Kena Corona

Selasa, 09 Februari 2021

 



DUBAI, PARASRIAU.COM  - Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah menutup sementara 10 masjid di seluruh kerajaan itu setelah sejumlah jamaah dan staf terinfeksi virus Corona atau COVID-19.


Seperti dilansir Gulf News, Selasa (9/2/2021), Departemen Masjid di Provinsi Al Dalam juga ditutup setelah direktur dan enam karyawannya dinyatakan positif Corona.


Masjid-masjid yang ditutup termasuk tiga di wilayah kegubernuran Horaimilah, dan masing-masing satu di Al Aflaj dan Al Dalam. Tiga masjid lainnya di wilayah perbatasan Utara dan masing-masing di kegubernuran Al Mandaq di Al Baha dan Dammam di wilayah Timur juga ditutup.


Kementerian Saudi tersebut mengatakan masjid akan ditutup selama 24 hingga 48 jam untuk sterilisasi, dan kemudian akan dibuka kembali untuk jamaah setelah proses desinfeksi selesai.


Jika imam atau muazin terinfeksi, mereka akan diganti sementara untuk melaksanakan tugasnya di masjid.


Kementerian meminta jamaah untuk melakukan seluruh tindakan pencegahan COVID-19 seperti memakai masker, membawa sajadah pribadi, dan menjaga jarak fisik.


Sebelumnya Arab Saudi juga menutup pusat-pusat hiburan termasuk bioskop dan menangguhkan layanan dine-in (makan di tempat) di restoran-restoran, sebagai langkah memperketat pembatasan setelah terjadi lonjakan kasus penularan virus Corona pada Kamis (4/2).


Kerajaan menangguhkan semua acara dan pesta termasuk pernikahan di gedung-gedung atau hotel selama 30 hari. Demikian disampaikan Kementerian Dalam Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor berita resmi Saudi, Saudi Press Agency (SPA).


Baca juga:Arab Saudi Tangguhkan Izin Masuk Warga dari 20 Negara, Termasuk Indonesia


Aturan itu mulai berlaku Kamis (4/2) pukul 10.00 waktu setempat untuk mencegah pecahnya gelombang kedua pandemi.


Pihak Saudi meminta kerja sama dari masyarakat dan mendesak warga melaporkan pelanggaran atau kelalaian dalam menerapkan tindakan pencegahan COVID-19.


Pada hari Senin (8/2) waktu setempat, Arab Saudi melaporkan 356 kasus baru COVID-19 sehingga jumlah total saat ini menjadi 370.634 kasus. (detik) 



Editor: Anto Chaniago