Pertama di Luar Pulau Jawa, PSBB Pekanbaru Dimulai 17 April Selama 15 Hari
Cari Berita

Advertisement

settia

Pertama di Luar Pulau Jawa, PSBB Pekanbaru Dimulai 17 April Selama 15 Hari

Selasa, 14 April 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kota Pekanbaru menjadi daerah pertama di luar Pulau Jawa yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penetapan PSBB di Ibu Kota Provinsi Riau ini sudah disetujui Menteri Kesehatan dengan dikeluarkannya Kemenkes Nomor HK.01.07/Menkes/250/2020, tentang Penetapan PSBB di Wilayah Kota Pekanbaru dalam Rangka Percepatan Corona Disease 2019 (COVID-19). Surat itu ditandatangani oleh Terawan Agus Putranto di Jakarta, Ahad 12 April 2020.

“Iya (sudah ditandatangani),” ungkap Kepala Puskom Kementerian Kesehatan Busroni, Senin (13/4).

Untuk diketahui, PSBB pertama diberlakukan di Provinsi DKI Jakarta. PSBB di DKI Jakarta berlaku mulai Jumat, 10 April 2020 lalu.

Menkes kemudian juga menyetujui PSBB untuk wilayah Jawa Barat (Jabar), meliputi Depok, Bogor dan Bekasi.

PSBB Jabar diperkirakan akan berlaku pada Rabu atau Kamis mendatang.

Menyusul DKI dan Jabar, PSBB Banten pun telah disetujui.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT sudah mempersiapkan segala kebutuhan masyarakat dalam pelaksanaan PSBB. Jadwalnya akan dimulai pada 17 April 2020 hingga 15 hari ke depan.

"Benar, Pekanbaru akan mulai memberlakukan PSBB dari tanggal 17 April hingga 15 hari ke depan. Ini sudah disetujui Kemenkes dan Gubri," terang Walikota Pekanbaru di Media Center Covid-19 Pemko, Senin (13/4) lalu.

Disebutkan Walikota, PSBB sudah mendapatkan dukungan penuh dari instansi dan aparatur terkait guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pekanbaru. Oleh karena itu dia meminta agar masyarakat Pekanbaru juga memberikan dukungan yang penuh pula.

"Melihat eskalasi penyebaran virus berbahaya ini dan kondisi sosial masyarakat Pekanbaru, PSBB ini harus kita ambil dan sudah dibahas secara detail dan matang. Jadi jika dalam pelaksanaan nanti masih ada yang melanggar, akan dikenakan sanksi. Hendaknya masyarakat Pekanbaru memberikan dukungan sepenuhnya," tegas Wako.

Kota Pekanbaru merupakan daerah kedua yang melaksanakan PSBB setelah DKI Jakarta. pr2

dilansir dari berbagai sumber.