Gus Sholah Wafat, Begini Persiapan di Ponpes Tebuireng Jombang
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Gus Sholah Wafat, Begini Persiapan di Ponpes Tebuireng Jombang

Senin, 03 Februari 2020



JOMBANG, PARASRIAU.COM - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang KH Salahuddin Wahid wafat. Pihak pesantren mulai melakukan berbagai persiapan karena Adik kandung Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu akan dimakamkan di tanah kelahirannya.


Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta sekitar pukul 20.55 WIB. Malam ini, kesibukan sudah nampak di Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya nomor 10, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

Salah satunya kesibukan santri di dalem kasepuhan yang biasa ditempati Gus Solah dan keluarganya. Kediaman Gus Solah ini persis di sebelah utara masjid Ponpes Tebuireng. Nampak para santri mengeluarkan meja dan kursi.

Lalu mereka menggantinya dengan karpet lantai. Nampak sejumlah tamu yang bertakziah sudah berdatangan.

Sepupu Gus Sholah KH Muhammad Irfan Yusuf mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan para santri. Mulai dari ruangan untuk tamu yang bertakziah hingga pemakaman.

"Anak-anak santri ada yang menyiapkan ruangan, ada yang menyiapkan tempat pemakamannya nanti," kata Irfan kepada wartawan di lokasi, Minggu (2/2/2020).

Jenazah Gus Sholah rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Ponpes Tebuireng pada Senin (3/2) sekitar pukul 16.00 WIB. Hanya saja Irfan belum bisa memastikan posisi makam tokoh HAM tersebut.

"Biasanya kami rapatkan dulu dengan keluarga posisi dimana dimakamkan," terangnya. pr2

dilansir: detik.com