Penuhi Kebutuhan Saat Lebaran, BI Siapkan Uang Kartal Sebesar Rp6,031 T
Cari Berita

Advertisement

Penuhi Kebutuhan Saat Lebaran, BI Siapkan Uang Kartal Sebesar Rp6,031 T

Rabu, 20 Maret 2024



Kick Off Serambi 2024 yang digelar oleh BI Riau, Rabu (20/3) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan uang kartal jelang menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bank Indonesia menyediakan sebesar Rp6,031 Triliun uang baru, dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat, selama ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H. Ketersediaan uang kartal tersebut bisa didapatkan masyarakat saat digelarnya pelayanan penukaran uang kartal, yang dikemas dalam program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul  Fitri (Serambi) 2024, yang akan dilaksanakan 25-27 Maret mendatang. 


Demikian dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Riau, Panji Achmad saat acara Kick Off Serambi 2024 yang di gelar di Kantor Perwakilan BI Riau, Rabu (20/3). 


Dikatakannya, Serambi 2024 ini merupakan rangkaian dari program yang digagas oleh BI sebagai upaya pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan memberikan layanan kas kepada masyarakat, untuk kebutuhan pada momen ramadan dan hari raya Idul Fitri. Acara kick off tersebut, dihadiri oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten III Eli Wardani, Kepala OJK Riau Endang Nuryadin, Irwasda Polda Riau, Hamsyah serta lembaga keuangan dan perbankan yang ada di Pekanbaru. 


"Serambi 2024 kali ini, mengusung tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah mengajak masyarakat untuk tetap bijak dalam menggunakan rupiah selama bulan penuh berkah dan menyambut hari raya Idul Fitri. Jadi BI menjamin ketersediaan kebutuhan rupiah disaat lebaran yang dialokasi untuk 12 kabupaten kota,"ujar Panji. 


Panji juga menambahkan, bahwa pada tahun 2024 ini BI telah menambahkan jumlah ketersediaan uang kartal atau uang baru dengan kenaikan sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya Rp5,3 Triliun menjadi Rp6,031 Triliun. Serambi 2024 ini bertujuan, yakni untuk pemenuhan kebutuhan uang rupiah masyarakat, terlaksananya layanan kas, juga sebagai edukasi dan komunikasi untuk meningkatkan kepedulian dan cinta rupiah.


Untuk layanan penukaran uang kartal, BI telah membuka layanan penukaran bagi perbankan yang didapat mulai 15 Maret hingga 05 April 2024. Sedangkan untuk layanan penukaran uang bersama dilaksanakan pada tanggal 25, 26 dan 27 Maret 2024, di halaman samping KPW BI Provinsi Riau. 


Diharapkan kegiatan Serambi 2024 ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya dalam mendapatkan uang kartal atau uang baru jelang lebaran. Juga kembali diingatkan kepada masyarakat agar melakukan penukaran uang hanya ditempat-tempat yang resmi, guna menghindari terjadinya peredaran  uang palsu dan tambahan biaya karena untuk penukaran tidak ada dipungut biaya,"pungkas Panji. 


Dalam acara tersebut juga turut dilakukan pelepasan unit mobil untuk layanan keliling yang merupakan armada dari masing-masing bank yang ikut dalam program Serambi 2024. (nie)