Ketua Bawaslu Riau: Pakukan ke Pohon, APK Bacaleg Bakal Ditertibkan
Cari Berita

Advertisement

Ketua Bawaslu Riau: Pakukan ke Pohon, APK Bacaleg Bakal Ditertibkan

Kamis, 07 September 2023

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kepada seluruh peserta Pemilu agar dapat memperhatikan kegiatan kampanye dengan ramah lingkungan. Salah satunya yakni dengan tidak memasang seluruh alat peraga kampanye (APK) atau baliho di seluruh pohon yang ada. Kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota juga diminta untuk selalu bersinergi dan menertibkannya.


ilustrasi


Demikian penegasan yang disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Alnofrizal kepada media, Rabu (6/9/2023). Dijelaskannya, dalam Peraturan Bawaslu (Perbawaslu), pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan yang ramah lingkungan. Memasang alat peraga kampanye (APK) ke pohon dengan paku adalah bentuk tidak ramah lingkungan.


"Menancapkan baliho dengan paku ke pohon itu tidak ramah lingkungan. Kita minta teman-teman Bacaleg untuk tetap menjaga dan ramah terhadap lingkungan," pinta Alnofrizal. 


Dirinya juga meminta kepada Bacaleg untuk bisa menertibkan baliho yang ditancapkan di pohon. Selain itu, Alnofrizal meminta kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota untuk bersinergi dan menertibkannya.


"Kita akan bersinergi dengan pemerintah untuk menertibkannya. Secara etika ini melanggar, dan jika sudah diingatkan tidak berubah, bisa jadi kita tindak, namun memang saat ini wajah Bawaslu adalah wajah pencegahan," pungkasnya. (*/pr2)