Dalam Waktu Dekat, Pemkab Bengkalis akan Bangun Rumah Sakit di Pulau Rupat
Cari Berita

Advertisement

Dalam Waktu Dekat, Pemkab Bengkalis akan Bangun Rumah Sakit di Pulau Rupat

Rabu, 05 April 2023


 

RUPAT, PARASRIAU.COM - Dalam waktu yang tidak lama lagi, fasilitas kesehatan yang didambakan masyarakat Rupat dan Rupat Utara itu akan segera terwujud di Desa Tanjung Punak. Hal ini sesuai janji politik pasangan Bupati Kasmarni dan H Bagus Santoso saat kampanye terdahulu yang sudah mulai ditunaikan satu per satu. 


Perwujudan ini juga berkat kepiawaian Bupati Kasmarni "jemput bola" ke Pemerintah Pusat, pada 2023 lalu Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp62,2 miliar.


Anggaran bersumber APBN itu nantinya dialokasikan untuk pembangunan fisik rumah sakit pratama beserta pendukungnya. "Untuk itu kami mohon do'a dan dukungan masyarakat Pulau Rupat agar rumah sakit ini segera terealisasi," ujar Kasmarni.


Harapan itu disampaikan Bupati Kasmarni saat menggelar Safari Ramadhan 1444 Hijriyah di Masjid Al Muttaqin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Senin (3/4/2023).

 

Kasmarni yakin, keberadaan rumah sakit pratama ini nantinya akan menjadi solusi terbaik dari masalah pelayanan kesehatan yang dihadapi masyarakat Pulau Rupat selama ini.


Tidak hanya sektor kesehatan yang menjadi perhatian Kasmarni. Melalui APBD 2023, Rupat Utara mendapatkan sejumlah anggaran untuk pembangunan strategis.


Seperti peningkatan jalan Tanjung Medang - Kadur Rp10 miliar, jalan Pangkalan Nyirih - Kadur Rp10 miliar, dan pembangunan jalan Kadur - Tanjung Medang Rp3 miliar.


Lalu, pembangunan jembatan Desa Putri Sembilan Rp5,5 miliar dan pembangunan oprit jembatan Sungai Pucuk Rp4 miliar. "Begitu pula dengan program unggulan lainnya seperti bantuan keuangan satu miliar satu kecamatan, satu desa dan satu kelurahan akan tetap kita laksanakan," ucap Kasmarni.


Selain pemerataan pembangunan, Bupati Kasmarni juga tengah getol melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat, agar Pulau Rupat menjadi bagian dari Lokasi Prioritas (Lokpri) Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN).


Sehingga kedepannya, daerah yang berbatasan dengan Selat Malaka dan Malaysia ini, tidak hanya sebatas kawasan pertahanan dan keamanan negara saja. "Tapi dapat kita kembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata," ujarnya.


Selain Bupati, kegiatan Safari Ramadhan ini juga dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Bengkalis seperti Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Bustami HY, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Johansyah Syafri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Toharudin, Kepala Disdik Hadi Prasetyo, Kepala BPBD Sufandi, Kepala Disdalduk KB, H Hambali, Kepala Dinas Perikanan Hj Kholijah, Camat Rupat Utara, Aulia Fikri dan Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Siti Aisyah. (Inf)