Hari Ini dan Besok, UIR Wisuda 1.961 Mahasiswa dan Berikan Reward kepada Para Pemuncak
Cari Berita

Advertisement


Hari Ini dan Besok, UIR Wisuda 1.961 Mahasiswa dan Berikan Reward kepada Para Pemuncak

Rabu, 02 Februari 2022

Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi SH MCL memindahkan kucir toga wisuda salah seorang wisudawati yang juga sebagai pemuncak universitas. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebanyak 1.961 wisudawan/ti Universitas Islam Riau (UIR) diwisuda sebagai suatu seremonial tanda telah menamatkan pada 2-3 Februari 2022.


Wisuda kali ini dilakukan secara luar jaringan (Luring) di Venue Gor Volley UIR. Ini merupakan wisuda luring perdana yang digelar UIR semenjak pandemi Covid-19 melanda.  



Mengevaluasi dari jumlah kasus Covid 19 dan varian lainnya yang cenderung menurun di Provinsi Riau, maka UIR memberanikan diri untuk melaksanakan wisuda secara Luring untuk pertama kalinya pasca Covid 19 melanda setelah 2 tahun terakhir ini hanya melaksanakan wisuda secara daring merujuk beberapa universitas lainnya yang sudah lebih dulu melaksanakan wisuda luring.  


Pada wisuda volume pertama ini dibuka oleh Rektor Universitas Islam Riau, Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dalam sambutannya beliau menyebutkan, posisi UIR saat ini Alhamdulillah berada di peringkat 120 sebagai universitas Islam di dunia. Ini tidak lepas dari kerjasama kita bersama baik mahasiswa, dosen serta tenaga kependidikan lainnya yang ikut bersama mewujudkan pencapaian ini. Juga ada beberapa akademisi kita yang telah menamatkan studi S3-nya baru baru ini, tentunya tidak membuat kita berpuas diri. Kami mengucapkan terima kasih kepada stack holder terkait atas kerjasamanya yang sangat baik. Semoga kerjasama ini akan terus berjalan ke masa yang akan datang, kepada orang tua wali kami ucapkan selamat atas diwisudanya ananda sekalian semoga ilmu yang didapatkan bisa berguna di dunia dan di akhirat. Selamat berkiprah di masyarakat, pergunakan ilmu yang telah didapat dengan sebaik-baiknya," pesan Prof Syafrinaldi. 


Hal senada juga diungapkan Ketua YLPI, Dr Nurman SSos MSi, dalam bidang pendidikan YLPI ikut memberikan sumbangsih dalam memajukan pendidikan dengan menelurkan insan-insan yang berprestasi dari sekolah serta institusi pendidikan yang diwadahi YLPI. Dalam kesejahteraan sosial, YLPI juga berhasil mengurangi angka pengangguran dengan mempekerjakan masyarakat sekitar di berbagai lini usaha serta institusi pendidikan di bawah naungan YLPI. 


"Kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah menitipkan anaknya pada kami, sehingga anaknya bisa diwisuda pada hari ini dan membanggakan orang tua sekalian. Selamat juga kepada wisudawan, pergunakan ilmu yang telah ananda terima dari UIR dengan sebaik-baiknya untuk dipergunakan terjun langsung ke masyarakat," ujar Nurman.


Dipatuhinya protokol kesehatan terlihat dari efisiensi kehadiran tamu serta stack holder. Selain itu para wisudawan/ti dibagi menjadi dua volume untuk mencegah keramaian yaitu 1.017 pada hari pertama dan 944 pada hari kedua. 


Untuk mencegah kerumunan, UIR juga menerapkan peraturan untuk para wisudawan/ti tidak ditemani orang tua dan keluarga. Sebagai solusi dari UIR untuk orang tua dan keluarga bisa tetap menyaksikan momen bahagia tersebut melalui streaming di channel Youtube uirofficial. 


Langkah lainnya yang dilakukan UIR adalah meniadakan beberapa agenda seremonial saat wisuda. Wisudawan juga tak akan berlama-lama di dalam ruangan. Karena setelah kucir dipindah, wisudawan tak kembali ke bangku melainkan langsung ke luar ruangan.  


Kepala LLDIKTI wilayah X, Prof Dr Herri SE MBA dalam sambutannya sebagai pengawas perguruan tinggi swasta meliputi wilayah Sumatera Barat, Riau dan Jambi mengucapkan selamat dan terimakasih kepada civitas akademika yang terus mau meningkatkan kinerja dan mau terus berusaha dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


""Salah satunya pencapaian UIR dengan banyaknya guru besar swasta pada wilayah kita ini 50 persennya ada di UIR. "Akreditasi A paling banyak juga ada di UIR dan salah satu perguruan tinggi yang menyumbang angka terbanyak dalam jumlah mahasiswa yang banyak diwilayah kta juga ada di UIR. Ini agar terus dapat dipertahankan salah satunya harus digesa dengan peningkatan akreditasi jurusan dan akreditasi universitasnya.  Untuk mencapai ini semua butuh kesamaan dan kami mengajak seluruh komponen untuk terus mau meningkatkan progres kedepannya. Terimakasih kami juga dari kementrian pendidikan, karena UIR ikut serta menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Indonesia. Selamat kepara wisudawan/ti atas telah menamatkan pendidikannya semoga nantinya bisa berkompetisi sesuai dengan minat bakat dan kelimuan yang dimiliki," pesannya.



Setelah pemberian sambutan, lalu dilanjutkan dengan pemberian reward secara simbolis dari UIR oleh Rektor berupa uang tunai sebesar Rp 1 juta kepada 11 pemuncak fakultas dan pascasarjana  serta pemberian reward kepada pemuncak tingkat universitas.


Yaitu Rifa dari Fakultas Agama Islam program studi Perbankan Syariah sebesar Rp2,5 juta dari Bank Riau Kepri yang merupakan salah satu mitra UIR sebagai wujud apresiasi. (*)


Editor: M Ikhwan