Lurah Sidobar Edi Susanto Serahkan Bantuan untuk Bayi Penderita Jantung Bocor dan Paru-paru
Cari Berita

Advertisement


Lurah Sidobar Edi Susanto Serahkan Bantuan untuk Bayi Penderita Jantung Bocor dan Paru-paru

Selasa, 26 Oktober 2021

Lurah Sidomulyo Barat, H Edi Susanto, SH saat menyerahkan bantuan dana kepada Khalijah orang tua Ranum bayi penderita jantung bocor dan masalah paru-paru. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Lurah Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, H Edi Susanto, SH menyerahkan bantuan untuk bayi Ranum (5) yang menderita jantung boncor dan masalah paru-paru yang berdiomisili di RT 06/RW 03.


Bantuan berupa dana sebesar Rp11 Juta langsung diserahkan lurah di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad, didampingi Kepala Puskesmas Sidomulyo, RJ dr Gina, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Syamsimar S.Kep, M.Kes, Ketua LPM Sarjono SE, MM dan penanggungjawab Gizi puskesmas serta disambut orangtua Ranum Samuddin Ritonga (ayah) dan Siti Khalijah (ibu), Selasa (26/10/2021).


Lurah Edi menyampaikan, bantuan tersebut donasi dari berbagai pihak, mulai pihak pengusaha, lurah dan keluarga, Forum RTRW, beberapa warga di berapa RW di lingkungan Sidomulyo Barat, dan pribadi-pribadi serta berbagai pihak lainnya. "Boleh dibilang ini bantuan dari warga Kelurahan Sidomulyo Barat," katanya.


Kepada orangtua anak, lurah menyampaikan ini adalah bentuk perhatian pihak kelurahan perpanjangan tangan pemerintah, dan ia menyampaikan akan ada lagi bantuan yang nanti akan dikirimkan langsung ke rekening orangtua pasien. "Jika ada hal-hal perlu menurut bapak ibu, tolong telepon saya," pesan lurah.


Lurah juga menyampaikan, ke depan akan diupayakan bantuan jangka panjang berupa membantu usaha keluarga melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari pihak perusahaan. Namun, kini masih tengah dijajaki.


Kondisi terakhir Ranum masih dalam perwatan paru-paru di ruang High Care Unit (HCU) di rumah sakit tersebut.


Orangtua Ranum Samuddin dan Khalijah beserta dan keluarga mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. "Terima kasih kami ucapkan pada pak lurah atas bantuan ini dan semua pihak yang ikut membantu, hingga membezuk anak kami," kata Khalijah ibu Ranum.


Dibantu Sesuai Kemampuan


Sementara itu, Ketua RT 06/RW 03, Khairullah menyampaikan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Lurah Sidomulyo Barat, Kapus Sidomulyo, Ketua PKK Sidomulyo Barat, Forum RT/RW dan semua yang memberikan bantuan yang tidak dapat disebutkan satu-perastu. Baik dalam bentuk finansial, pemikiran dan doa. Hanya Allah-lah yang dapat membalas kebaikan tersebut.


Dapat kami sampaikan, bahwa sejak awal anak warga RT 06 itu sakit, selaku RT sudah berupaya berkoordinasi dengan Dinas Sosial bagaimana solusi jangka panjang, termasuk membicangkan dengan pihak Diskes.


Terlepas dari semua itu, yang pasti pihak Puskesmas juga sudah lebih awal datang ke rumah warga mengetahui kondisi balita ranum. Dari situlah, setelah menjalani pengobatan diketahuilah Ranum menderita jantung bocor dan kini masalah paru-paru.


Warga lingkungan RT 06, RT 05 dan 07 sudah sejak awal mengetahui Ranum sakit, telah berupaya membantu keluarga Samuddin Ritonga yang bersangkutan merupakan Imam Mushalla Ukhuwatun, dalam bentuk menyumbangkan dana sesuai kemampuan, baik atas nama pribadi masing-masing warga, atas nama Majlis Ta'lim Mushalla maupun dari mushalla.


Atas hal ini sebagai Ketua RT 06 mengucapkan terima kasih atas partispasi semua warga tersebut. "Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," ujar Khairul.


Namun, ke depan yang perlu dipikirkan, bagaimana solusi jangka panjang untuk membantu keluarga pasien, terutama dari pemerintah. (*)


Editor: M Ikhwan