2 Hari Kunjungi Krui, Ini Sejumlah Agenda Penting TGB Zainul Majdi
Cari Berita

Advertisement

2 Hari Kunjungi Krui, Ini Sejumlah Agenda Penting TGB Zainul Majdi

Minggu, 10 Oktober 2021



KRUI, PARASRIAU.COM - Dr. Muhammad Zainul Majdi, MA lebih dikenal dengan TGB (Tuan Guru Bajang), bulan ini akan berkunjung ke Krui Kabupaten Pesisir Barat.


Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia ini akan menghadiri sejumlah acara yang diselenggarakan Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung.


Selepas Rapat Koordinasi Panitia Pelaksana Kunjungan TGB M. Zainul Majdi, Ketua Pembina Yayasan Warotsatul Anbiya (YWA) Lampung, Buya Yamin Majdi menjelaskan bahwa tujuan utama lahirnya YWA Lampung untuk mendirikan Pesantren Maqwa Krui.


“Tujuan utama Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung untuk mendirikan pondok pesantren,” ujar Buya Yamin, Sabtu (9/10) di Pasar Kota Pesisir Tengah Krui.


Secara program, upaya mendirikan pesantren ini, kata Buya Yamin, sudah berlangsung sejak tahun 2012 dengan membebaskan tanah wakaf seluas 3 hektar, mengirim putra-putri daerah Pesisir Barat ke Jawa Barat dan setamatnya mereka akan mengelola pesantren serta mendirikan Sekolah Tahfiz Balita & Anak Markaz Maqwa Krui dan SD Quran Maqwa.


Adapun pembangun secara fisik, lanjutnya, sudah berjalan mulai dari pembangunan gorong-gorong jalan, land clearing, pembuat sumur bor, pembangunan tandon air. Dan sekarang proses pembangunan kelas serta kedatangan TGB akan melakukan peletakan batu pertama masjid Pesantren Maqwa Krui.


Lebih lanjut Ustaz alumnus Pesantren Persis Tarogong dan pernah menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar Mesir itu mengatakan, kurikulum yang dipakai di Pesantren Maqwa Krui adalah kurikulum Al-Azhar Mesir.


Hal tersebut, menjadi alasan utama pihak YWA Lampung mengundang TGB. Kehadiran doktor alumnus Al-Azhar Mesir itu, ingin meneguhkan bahwa Pesantren Maqwa Krui merupakan bagian dari pesantren atau lembaga yang menggunakan kurikulum Al-Azhar, bermanhaj Al-Azhar dan mengusung wasathiyyatul Islam.


“Kami mengundang TGB ke Maqwa untuk menegaskan bahwa Pesantren Maqwa Krui berkiblat ke Al-Azhar Mesir. TGB rencana di Krui Pesisir Barat selama 2 hari yakni Sabtu-Ahad, 23-24 Oktober 2021,” tegasnya.


Ditambahkan Yamin Majdi, ada 6 acara yang akan dihadiri TGB selama di Krui. yakni Wisuda Sekolah Tahfiz Balita & Anak Markaz Maqwa Krui, Peletakan Batu Pertama Masjid Pesantren Maqwa Krui, Launching Green Waqf Laziswaf Maqwa, Safari Dakwah Nusantra, Temu Tokoh Agama dan Masyarakat Pebar serta mengukuhka Pengurus IKAM Lampung Periode 2021-2024 sekaligus Silaturahim Alumni Al-Azhar Mesir dari berbagai kota di Pulau Sumatera-Jawa.


Rangkain acara bertemakan “Mengokohkan Wasathiyyatul Islam dan Membangun Sinergitas dalam Membina Umat dan Bangsa” itu akan dilakukan di beberapa tempat, terutama di tempat penginapan TGB, yaitu Hotel Sunset Beach 2 Way Redak.


Untuk itu, Yamin Majdi mengajak seluruh komponen Pesisir Barat, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk bersama-sama menyambut tamu agung ini. TGB bukan sekedar Ketua OIAA cabang Indonesia, melainkan seorang ulama yang memimpin NWDI sekaligus umara yang pernah menjadi gubernur NTB 2 periode. Dan sekarang menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia (Wakomut BSI).


“Mari kita muliakan tamu istimewa ini. Apalagi kita berslogan Negeri Para Ulama, sudah sepantasnya kita tunjukkan adab kita menyambut tamu sosok ulama dan umara,” pungkasnya. (*)


Editor: M Ikhwan