Kurangi Limbah Hingga 30 Persen, Bupati Alfedri Resmikan Sarpras Bank Sampah Induk Pelangi
Cari Berita

Advertisement

Kurangi Limbah Hingga 30 Persen, Bupati Alfedri Resmikan Sarpras Bank Sampah Induk Pelangi

Kamis, 10 Juni 2021


  

SIAK, PARASRIAU.COM - Bupati Siak Alfedri, Kamis (10/6/2021) meresmikan Sarana dan Prasana Bank Sampah Induk Pelangi berupa rumah mesin dan pagar keliling di Bank Sampah Induk Pelangi Siak Sri Indrapura. Sarpras tersebut merupakan bantuan Program investasi sosial PT. Cevron Pacific Indonesia (CPI) di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

 

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT.CPI dan Unilak yang telah mendukung terwujudnya Sarana dan Prasarana Bank Sampah Pelangi keliling ini," kata Alfedri.

 

Program ini, katanya, dapat meningkatkan produktifitas sehingga bermanfaat lebih besar bagi lingkungan dan peningkatan perekonomian masyarakat. "Program ini tentunya dapat meningkatkan produksi sehingga dapat bermanfaat lebih besar bagi lingkungan, dan juga memberikan manfaat secara ekonomi khususnya di Kota Siak," ucapnya.

 

Alfedri berharap melalui peresmian rumah mesin dalam rangka peningkatan produksi Bank Sampah Induk Pelangi ini, target daerah berupa pengurangan limbah sebesar 30 persen tahun 2025 dapat tercapai. "Kita juga berharap program Bank Sampah ini dapat kita kembangkan di Kecamatan lain sehingga target 30 persen pengurangan limbah sampah dapat dicapai pada tahun 2025," ungkap Alfedri.

 

Sementara itu, di tempat yang sama, Wakil Rektor II Unilak, Hardi menyampaikan, program yang dilakukan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian Unilak berupa Program Bank Sampah (termasuk Bank Sampah Induk Pelangi) adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat. "Kerjasama yang baik ini mudah-mudahan dapat dilanjutkan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Inilah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat," sebutnya.

 

Hal senada juga disampaikan Senior Advisor Corporate Affair PT CPI Suyatno. dukungan penuh program ini sebagai bentuk dukungan terhadap lingkungan dan masyarakat.

 

"Program peningkatan sarana dan prasarana Bank Sampah Pelangi ini merupakan salah satu program investasi sosial PT. CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Ini sebagai wujud tanggungjawab kami dalam ikut andil menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat, selain itu juga sebagai upaya mendukung program Bapak Bupati untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Siak melalui Bank Sampah Pelangi ini," ucapnya.

 

Acara kemudian dilanjutkan pemotongan pita sebagai tanda peresmian operasional/pemakaian rumah mesin Bank Sampah Induk Pelangi Siak Sri Indrapura. Giat ini juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan, Jajaran Manajemen PT.CPI, Rektorat Unilak, Lurah Kampung Rempak, Tokoh beserta Masyarakat Kecamatan Siak, Tokoh Pemuda,dan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning, serta puluhan Nasabah Bank Sampah Induk Pelangi Kecamatan Siak. ***