6 Jalur Masuk UMRI, Khusus Hafiz Quran Tanpa Tes dan Langsung Dapat Beasiswa
Cari Berita

Advertisement

6 Jalur Masuk UMRI, Khusus Hafiz Quran Tanpa Tes dan Langsung Dapat Beasiswa

Rabu, 08 Januari 2020



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tahun ini akan dilakukan melalui enam jalur. Istimewanya, khusus bagi calon mahasiswa baru yang hafidz Al Quran akan dibebaskan tes dan bakal mendapatkan beasiswa. Selain itu juga, ada yang memperoleh potongan 30 persen hingga 50 persen. 


"Untuk sistem penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan melalui enam jalur. Khusus untuk hafidz Al Quran akan dibebaskan tes dan dapat beasiswa, selain itu juga ada yang memperoleh pemotongan 30 persen hingga 50 persen, sebagai bentuk kemudahan yang diberikan kampus," ungkap Rektor UMRI Dr Mubarrak di Pekanbaru, Rabu (8/1).

Dijelaskannya, seleksi penerimaan mahasiswa baru bisa melalui tes dan ada yang tidak. Sedangkan enam sistem seleksi penerimaan yakni jalur umum, jalur Muhamamdiyah, jalur prestasi, jalur saudara, jalur sekolah, pesantren dan keluarga guru, jalur beasiswa dan tahfidz Al Quran.

Untuk pendaftaran bisa dilakukan melalui internet dan peminat pun yang berasal dari desa bisa melakukan pendaftaran online. "UMRI siap membangun generasi Islam yang berkemajuan dan berkomitmen memberikan pendidikan terbaik dengan biaya yang terjangkau. Ini dilakukan agar semakin banyak orang yang bisa mewujudkan cita-citanya melalui pendidikan berkualitas, berbasis teknologi, kewirausahaan dan akhlak yang terpuji," ujarnya.

Selain itu, katanya, berbekal akreditasi B dari BAN-PT tercatat UMRI memiliki delapan fakultas dan 25 prodi. Karena itu UMRI siap menjadi tempat untuk mewujudkan cita-cita anak bangsa ini menjadi profesional yang mampu menjawab tantangan di dunia kerja dan industri.

Biaya perkuliahan tahun anggaran 2020/2021, katanya, mulai dari Rp2,8 juta hingga Rp3,8 juta dan waktu pendaftaran gelombang 1 mulai 6 Januari-11 April 2020, gelombang II pada 13 April-18 Juli 2020 dan gelombang III pada 20 Juli- 5 Septemeber 2020.

Untuk syarat umum, yakni lulusan SMA/SMK MA sederajat, khusus Prodi Studi Farmasi berasal dari lulusan IPA/SMK, Farmasi/SMK Kesehatan. Mengisi formulir pendaftaran tentunya di website www.daftar.umri.ac.id, mengisi dan menandatangani pernyataan kesediaan mematuhi seluruh tata tertib dan etika sebagai mahasiawa UMRI.

"Syarat tambahan untuk Prodi Studi Keperawatan, yakni berusia maksimal 24 tahun, tinggi badan minimal laki-laki 155 cm, dan perempuan 150 cm, mengikuti tes kesehatan khusus narkoba," katanya.

Untuk prodi yang disediakan adalah Prodi Fakultas Tekhnik (mesin otomotif D3), teknik mesin (S1), teknik industri (S1), tenik kimia (S1), Fakultas MIPA, kesehatan (keperawatan (D3) , biologi (S1), Fisika (S1), Kimia (S1) dan Farmasi (S1)).

Kemudian, Fakultas ekonomi dan Bisnis Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Keuangan dan Perbankan (D3), dan manajemen (S1). Fakultas Ilmu Komputer (teknik informatika (S1) dan sistem informasi (S1). Fakultas Ilmu Komunikasi (ilmu komunikasi (S1) dan public relation (S1). pr1