Dunia Usaha Bantu Kontingen PON Riau, Gubri: Maksimalkan Latihan untuk Gapai Prestasi
Cari Berita

Advertisement


Dunia Usaha Bantu Kontingen PON Riau, Gubri: Maksimalkan Latihan untuk Gapai Prestasi

Sabtu, 12 Juni 2021

Gubernur Syamsuar mengecek bantuan dari pelaku dunia usaha berupa perlengkapan dan peralatan tanding para atlet Riau di PON XX Papua Oktober 2021 mendatang. 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kalangan dunia usaha menyerahkan bantuan kepada Kontingen Riau yang akan ambil bagian dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, 2-15 Oktober 2021 mendatang. Bantuan dalam bentuk perlengkapan dan peralatan tanding dengan nilai total miliaran rupiah itu diserahkan sejumlah pengusaha Riau kepada Gubernur  Drs H Syamsuar, MSi, di Balai Pelangi, Komplek Rumah Dinas Gubernur, di Pekanbaru, Sabtu (12/6/2021).


Pelaksaana tugas (Plt) Ketua Umum KONI Riau Raja Marjohan Yusuf dalam laporannya mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan hasil dari pertemuan yang digagas Gubri Syamsuar bersama KONI Provinsi dengan pelaku dunia usaha Riau pada 6 April 2021 lalu. "Alhamdulillah, hari ini pelaku dunia usaha merealisasikan dan mewujudkan dukungannya dalam bentuk bantuan untuk kontingen Riau ke PON XX di Papua, Oktober nanti," kata Marjohan Yusuf.


Dipaparkan Marjohan, bantuan yang diberikan dunia usaha keseluruhannya dalam bentuk barang, baik peralatan latihan dan pertandingan cabang-cabang olahraga maupun kebutuhan kontingen secara umum. PT Chevron, kata Marjohan, memberikan bantuan senilai Rp700 juta, SKK Migas sekitar Rp500 juta, PT Bumi Siak Pusako (BSP) untuk cabang sepatu roda senilai Rp138 juta, PTPN V untuk cabang taekwondo senilai Rp85 juta, Bank Riau Kepri untuk cabang senam, dayung, anggar dan renang senilai Rp102 juta. 


Sejumlah perusahaan lainnya seperti RAPP dan IKPP, termasuk dalam daftar yang ikut memberikan bantuan untuk keperluan kontingen Riau di PON Papua, namun belum menyerahkannya hari ini. Satu-persatu perusahaan tersebut menyerahkan secara simbolis bantuannya kepada Gubri Syamsuar dan kemudian meneruskanya kepada Plt. Ketua Umum KONI Riau Marjohan Yusuf.


Marjohan juga menjelaskan, pada PON Papua nanti, kontingen Riau akan mengikuti 29 cabang olahraga dengan kekuatan 224 atlet, 55 pelatih/ofisial dan 6 teknisi. Total kontingen Riau yang akan berangkat nanti sebanyak 320 orang. Riau sendiri menargetkan masuk dalam 10 besar peraih medali pada PON Papua dengan target 20-25 medali emas.


"Pemusatan latihan sudah berjalan sejak Februari lalu. Dan pada Agustus hingga September nanti, kita akan mengadakan pemusatan latihan (TC) penuh," terang Marjohan.


Sementara itu Vice President Corporate Affairs PT Chevron Pacific Indonesia, Sukamto Tamrin yang berbicara mewakili pelaku dunia usaha di Riau mengungkapkan PON XX di Papua tahun 2021 ini sangat istimewa dan sangat dinanti-nantikan publik olahraga di tanah air. Selain digelar di tengah pandemi Covid-19, pesta PON XX juga diadakan di provinsi paling ujung timur Indonesia, yakni Provinsi Papua.


Karena itu kalangan dunia usaha, kata Sukamto, sangat berharap para atlet Riau bertanding serta berjuang secara maksimal dan dengan penuh semangat. "Tentu kami dan kita semua berharap kontingen Riau nantinya pulang dengan membawa prestasi serta perolehan medali yang membanggakan dan maksimal, yakni juara," kata Sukamto. 


Maksimalkan Latihan


Usai penyerahan secara simbolis bantuan tersebut, Gubernur Syamsuar dalam sambutannya mengingatkan agar seluruh atlet-atlet PON Riau lebih bersemangat lagi dalam mempersiapkan diri menyongsong gelaran pesta olahraga multi iven empat tahun sekali tersebut. 


"Pemerintah Provinsi Riau dengan dukungan berbagai pihak, khususnya kalangan dunia usaha, telah memaksimalkan kebutuhan kontingen, para atlet dan cabang-cabang olahraga yang akan bertanding di PON Papua. Jadi, jangan ada lagi alasan lagi tidak bersemangat karena tidak ada peralatan, tidak ada uang. Sekarang maksimal persiapan latihan untuk mewujudkan prestasi maksimal dan agar dapat meraih medali emas nantinya," kata Gubri.


Gubri juga meminta segenap kontingen PON Riau agar tidak mengkhawatirkan situasi di Papua dan lebih baik fokus untuk meraih prestasi yang maksimal nantinya. "Soal itu percayakan kepada pihak keamanan yang tentu telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran pelaksanaan PON XX di Papua," ujar Gubri lagi.


Mengingat masih dalam pandemi Covid-19, Syamsuar meminta para atlet dan ofisial maupun pimpinan kontingen Riau secara keseluruhan sudah harus menjalani vaksinasi sebelum bertolak ke Papua. "Tadi Ketua Umum KONI menyampaikan bahwa sampai saat ini 97 persen atlet telah mengikuti vaksinasi. Nantinya harus 100 persen (kontingen Riau) sudah divaksin," tutup Gubri mengingatkan. (*)


Editor: M Ikhwan