Bupati Terus Ingatkan Warga Taat Prokes, Pasien Sembuh Bertambah Menjadi 21 Orang
Cari Berita

Advertisement


Bupati Terus Ingatkan Warga Taat Prokes, Pasien Sembuh Bertambah Menjadi 21 Orang

Minggu, 16 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Bupati Siak, Alfedri mengingatkan warganya untuk tetap menaati protokol kesehatan pasca Lebaran ini. Imbauan tersebut menyusul jumlah pasien sembuh Covid-19 di Siak hingga Sabtu (15/5/2021) sebanyak 21 orang.


Penambahan 15 kasus positif Covid-19 hingga Sabtu (15/5/2021) di Kabupaten Siak, namun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 atau selesai masa isolasi juga bertambah 21 orang. Hingga saat ini pasien yang masih menjalani isolasi mandiri berjumlah 324 orang.


"Masih ada 53 sampel yang masih menunggu hasil, tersebar di beberapa kecamatan. Berasal dari kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swab. Untuk itu, bagi yang masih menunggu hasil swab test, kami minta agar tetap di rumah saja. Begitu juga yang menjalani isolasi mandiri," kata Wakil Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budi Yuwono, Minggu (16/6/2021).


Jika pasien yang terpapar Covid-19 tetap di rumah saja, katanya, akan membantu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Begitu juga dengan tingkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari keramaian, sangat dibutuhkan.


"Memang hari raya ini, momennya bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Namun yang terpenting jangan sampai kita menjadi orang yang menyebarkan virus ini. Sayangi semua anggota keluarga dengan tetap berhari raya secara online melalui video call dan telepon," ujar Budi.


Melihat kondisi ini, Bupati Siak Alfedri mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak tentu melakukan langkah-langkah dan upaya, menegaskan bagaimana masyarakat agar mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 4 M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


"Kami meningatkan masyarakat mari kita bekerjasama mentaati prokes, menjaga diri agar tidak terpapar wabah covid 19. Karena RS Tengku Rafi'an sudah penuh. Kita sudah membuka pelayanan untuk kasus berat dan ringan. Ringan di Asrama dan Yasmin, dan kasus berat di RSUD," terangnya. ***