Sudah Lewat 72 Jam, KRI Nanggala-402 Belum Ditemukan
Cari Berita

Advertisement

Sudah Lewat 72 Jam, KRI Nanggala-402 Belum Ditemukan

Sabtu, 24 April 2021


JAKARTA,PARASRIAU.COM - KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut (AL) yang mengangkut 53 awak hingga kini belum juga ditemukan. Upaya pencarian masih terus dilakukan.



Pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 difokuskan di laut sebelah utara Bali, yakni sekitar 40 km dari Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Di lokasi tersebut ditemukan tumpahan minyak dan daya magnet yang besar yang diduga bersumber dari KRI Nanggala-402.


Australia juga menggerakkan HMAS Ballarat Rigid-Hulled Inflatable Boat (RHIB) dan helikopter untuk menyisir wilayah tersebut. Sebanyak lima personel dari angkatan bersenjata Singapura juga sudah berada di KRI Suharso.


Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, oksigen di dalam kapal selam tersebut hanya tersedia sampai hari Sabtu (24/4) pukul 03.00 WIB.


"Kemampuan oksigen KRI jika dalam kondisi yang diperkirakan black out seperti sekarang ini, mampu 72 jam atau kurang lebih 3 hari. Kalau kemarin hilang kontak jam 3, nanti bisa sampai Sabtu jam 3, sehingga 72 jam," kata Laksamana Yudo dalam jumpa pers di Lanud Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (22/4/2021).


KRI Nanggala-402 hilang kontak dalam latihan penembakan torpedo pada Rabu (21/4) dini hari. Laksamana Yudo mengatakan KRI Nanggala-402 dalam kondisi siap tempur.


Dia menambahkan, KRI Nanggala-402 yang dibuat di Jerman pada 1977 dan diserahkan ke TNI AL pada 1981, siap dalam kondisi personel ataupun material.


"Kapal ini riwayatnya sudah menembak torpedo kepala latihan 15 kali dan menembak torpedo kepala perang dua kali, dan sasarannya dua kapal eks KRI, dan dua-duanya tenggelam. Jadi KRI Nanggala ini dalam kondisi siap tempur sehingga kita libatkan dalam latihan penembakan kepala torpedo maupun kepala perang," ungkapnya.


Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono dan Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad sudah dihubungi untuk memastikan pencarian KRI Nanggala-402. Namun hingga berita ini diterbitkan, keduanya belum merespons. (pr2/dtc)


Editor: M Ikhwan