Syamsuar: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan
Cari Berita

Advertisement

Syamsuar: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan

Selasa, 20 Oktober 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si menyampaikan apresiasi kepada berbagai kelompok masyarakat di provinsi ini yang telah berinisatif menggalakkan ketahanan pangan, baik bertanam padi maupun berladang jagung. Kegiatan itu sangat mendukung program pemerintah daerah dalam rangka swasembada pangan.


Apresiasi itu disampaikan Gubri Syamsuar ketika melakukan panen jagung perdana di agrowisata RA Kopi Aren, di Palas, Pekanbaru, Senin, 19 Oktober 2020 petang. Agrowisata itu milik Ketua Umum DPP Santri Tani Indonesia (Santani) T Rusli Ahmad.


"Sejak beberapa waktu lalu di seluruh daerah di Riau memang sedang menggalakkan ketahanan pangan baik padi atau jagung. Semua itu dalam rangka swasembada pangan di Provinsi Riau," kata Gubri di sela-sela panen perdana di kawasan agrowisata seluas 3 hektar itu.


Gubri yang didampingi Rusli Ahmad, Kadis Pertanian Riau Ir Syahfalevi, Kadis Kesehatan Pekanbaru M Noer MBS, Ketua Komisi Informasi Riau Zufra Irwan, wartawan senior (Ketua JMSI) Riau H Dheni Kurnia, Ketua SMSI Riau Novrizon, Sekjen DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) ) Satria Utama, juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang kini di masa pandemi Covid-19 sangat antusias untuk berladang, berkebun, maupun bertani.


"Semua ini sangat mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemprov Riau," ucap Syamsuar yang terlihat sangat bersemangat melakukan panen perdana yang notabene benihnya ditanam langsung oleh orang nomor satu di Riau itu tiga bulan lalu di lokasi tersebut.


Kepada DPP Santani yang dipimpin Rusli Ahmad, Gubri Syamsuar juga memberikan apresiasi karena telah ikut menggelorakan semangat bertani berbagai lapisan masyarakat. Upaya tersebut, menurutnya, sangat strategis di saat dunia dalam bayang-bayang pandemi Covid-19.


Pada kesempatan itu Syamsuar menghimbau masyarakat Riau untuk bersama-sama memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami dengan tanaman pangan, baik itu padi, jagung atau umbi-umbian. "Kita berharap dengan semangat dan tekad bersama mengembangkan sektor pertanian, maka kita kelak akan dapat swasembada pangan," harapnya.


Sedangkan Ketua DPP Santani, Rusli Ahmad mengatakan, panen jagung yang dilakukan itu menjadi pembuktian bahwa potensi pertanian di Riau sangat besar. Hal ini diharapkan dapat memotivasi seluruh masyarakat Riau untuk memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami dengan tanaman pangan.


Rusli Ahmad juga mengajak pemerintah daerah bersinergi dengan kelompok-kelompok tani dan ormas untuk mengembangkan sektor tanaman pangan agar Riau dapat menjadi daerah swasembada pangan.


Usai panen jagung, Gubri melakukan ramah tamah sambil berdiskusi mengenai masalah pertanian di RA Kopi Aren. pr2