Forum Dewan Tampan akan Dirikan Posko Tanggap Darurat di Kecamatan dan Kelurahan
Cari Berita

Advertisement

Forum Dewan Tampan akan Dirikan Posko Tanggap Darurat di Kecamatan dan Kelurahan

Kamis, 26 Maret 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Forum Dewan Kecamatan Tampan DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (26/3) menggelar pertemuan guna mencari simulasi pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Pekanbaru. 

Untuk langkah awal, Forum Dewan Tampan dalam waktu dekat akan segera membangun Posko Tanggap Darurat Covid-19 di kecamatan dan kelurahan yang pembiayaannya diserahkan kepada dewan masing-masing.

''Seperti apa teknisnya akan kita bicarakan di Forum Dewan lagi. Termasuk juga siapa-siapa yang diletakkan di Posko serta siapa di bagian informasi dan pendistribusian logistik,'' ujar anggota Fraksi PAN DPRD Pekanbaru, Roni Paslah.

Roni juga menyebutkan bahwa dirinya sudah mendengarkan langsung sejumlah kendala dan keluhan yang disampaikan Camat dan Lurah. Dan hasilnya, persoalan masker, disinfektan serta alat pelindung diri (APD) di Puskesmas tetap menjadi hal utama.

''Insya Allah akan kita siapkan. Termasuk juga alat pengukur suhu tubuh di setiap RW dan Posyandu, pembuatan wastafel di 200 titik di 140 RW, pengadaan vitamin dan suplemen serta pembuatan spanduk dan baliho imbauan,'' ujarnya.

Anggota DPRD Pekanbaru Dapil Tampan lainnya, Ida Yulita Susanti menjelaskan, alasan bergabungnya 8 anggota DPRD Pekanbaru Dapil Tampan karena melihat situasi darurat saat ini yang tidak mungkin bisa diselesaikan segelentir pihak. ''Kalau sendiri-sendiri akan terkotak-kotak. Kalau secara lembaga akan lebih masif sehingga masyarakat akan tersentuh hingga ke lapis bawah,'' tuturnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Tampan sekaligus Camat Tampan, Liswarti mengucapkan ribuan terima kasih yang tidak terhingga kepada anggota DPRD Pekanbaru dari Dapil Tampan. Kehadiran serta gebrakan yang mereka berikan, sangat membantu masyarakat yang kini tengah dilanda kepanikan dan ketakutan akan wabah Covid-19.

''Kami merasa bangga dan terharu, karena bapak dan ibu dewan saling bersinergi dan mau peduli dalam mencegah Covid-19 di Kecamatan Tampan. Inilah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita, semoga minggu depan sudah bisa dilaksanakan,'' harapnya.

Meski tidak ada pasien yang dinyatakan positif Covid-19, namun saat ini sudah tercatat ada sebanyak 23 pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan di wilayah Tampan. ''Masyarakat kita minta untuk tidak panik dan takut berlebihan, serta mendengarkan setiap himbauan dan anjuran dari pemerintah,'' tutur Liswarti seperti dilansir goriau.com

Sebagaimana diketahui bersama, Tampan memiliki jumlah penduduk terbanyak dan terpadat di Kota Pekanbaru yang berjumlah sekitar 300 ribu jiwa.
Dengan anggaran seadanya, pihak Kecamatan mengaku telah melakukan penyemprotan desinfektan serta mendirikan tempat cuci tangan pada kantor Camat, 9 kantor Lurah dan 10 Mesjid Papripurna yang ada di Kecamatan Tampan. pr2