Fokus Tekan Angka Stunting, Wabup Siak Pimpin Rakerja Tim Penurunan Stunting
Cari Berita

Advertisement

Fokus Tekan Angka Stunting, Wabup Siak Pimpin Rakerja Tim Penurunan Stunting

Rabu, 05 Juni 2024

Fokus Tekan Angka Stunting, Wabup Siak Pimpin Rakerja Tim Penurunan Stunting


SIAK, PARASRIAU.COM - Wakil Bupati Siak, Husni Merza pimpin Rapat Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Siak di Zamrud Room, Perumahan Abdi Praja, Kelularan Kampung Rempak, Selasa (4/6/2024).


Wakil Bupati Siak mengatakan, diadakannya rapat kerja ini untuk menindaklanjuti surat dari Kementrian Kesehatan terkait pengukuran standar gizi dan survei kesehatan.


"Alhamdulillah hari ini kita berkumpul untuk menindaklanjuti surat dari Kementerian terkait standar pengukuran gizi dan terkait survei kesehatan, dimana kita melihat adanya di beberapa kecamatan masih ada balita stunting," ujar Husni.


Lanjutnya, diadakanya rapat untuk tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Siak ini juga bertujuan bagaimana memantapkan pola-pola untuk penurunan stunting yang ada di Kabupaten Siak.


"Saat ini kita masih melihat balita stunting tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak. Ini menjadi perhatian kita bersama bagaimana angka-angka ini bisa turun tentunya dengan pola-pola dan kerja keras kita bersama," pinta Husni.


Di akhir arahannya Wakil Bupati Siak, Husni Merza meminta kepada dinas terkait untuk saling berkoordinasi terkait pemetaaan data stunting terutama Dinas Kominfo untuk memantapkan aplikasi guna mengakuratkan data balita stunting di setiap kecamatan.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Wan Idris mengatakan, saat ini jumlah anak stunting di Siak ada 660 anak yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.


"Berdasarkan data Dinas Sosial jumlah anak stunting ada 660 anak, namun yang terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial atau DKTS  sebanyak 36 anak yang memiliki jaminan kesehatan ada 28 anak, yang ditangani Bansos PKH 36 anak serta yang ditangani Bansos BPNT sebanyak 39 anak," ujar Husni Merza.


"Pemerintah Kabupaten Siak bersama tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Siak terus memberikan mulai dari pendampingan kepada keluarga yang beresiko stunting serta pemberian makanan tambahan dan membentuk orang tua asuh serta melakukan kerjasama dengan Kementrian Agama untuk memberikan penyuluhan kepada calon pengantin," kata Wan Idris


Turut hadir Kaban Keuangan Daerah L Budi Yuwono, Kadis Sosial Wan Idris, Kadis DP3A2KB Kabupaten Siak Noni Paningsih serta tim percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Siak. (*/pr2)