Bakti Sosial, IBI Pekanbaru Gelar Pelayanan MKJP dan Non MKJP
Cari Berita

Advertisement

Bakti Sosial, IBI Pekanbaru Gelar Pelayanan MKJP dan Non MKJP

Kamis, 30 Mei 2024

BKKBN Riau bekerja sama dengan IBI Kota Pekanbaru menggelar pelayanan KB secara langsung bagi para akseptor.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - BKKBN Provinsi Riau bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pekanbaru menggelar pelayanan KB secara langsung bagi para akseptor. 


Pelayanan KB yang diberikan untuk Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non MKJP dikemas dalam kegiatan bakti sosial, yang digelar di Hotel Grand Zuri Pekanbaru, Kamis (30/5). 


Kegiatan yang bersempena dengan Dialog dan Edukasi Fasilitas Kesejahteraan Pekerja dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Tempat Kerja ini sengaja diadakan dalam rangka 

evaluasi dan juga memberikan pelayanan KB gratis bagi akseptor. Dengan peserta yang dilayani saat Baksos yaitu implan 17 orang, suntik 15 orang, pil 15 orang dan kondom 10 orang.

 

Keigatan ini adalah pelayanan KB bagi ibu-ibu pasca salin, ibu pasangan usia subur yang tujuannya menjaraknya kehamilan dan ada juga bila ada yang ingin berhenti 

kehamilan," kata Bidan Juliana, selaku pelaksana pemasangan apsektor.  


Dikatakannya, berbagai jenis pelayanan yang diberikan yaitu jenis implan atau susuk, menyuntikkan, dan lainnya. “Kalau ada yang mau pasang IUD maka diarahkan ke Puskesmas dia beromisili dan diberikan tanpa ada biaya, bahkan pualng diberikan transportasi,” ungkapnya.


Ketua Ikatan Penyuluh KB (IPKB) Provinsi Riau Sri Rejeki juga mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan sengaja diadakan bersamaan denagn penandatanganan perjanjian kerjasama antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI dengan Direktorat Hubungan Kerja dan Pengupahan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja , Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.


“Baksos ini umunya pesertanya dari Kecamatan Limapuluh yaitu Baksos MKJP dan Non MKJP dilaksanakan dalam rangka bulan bhakti Ikatan Bidan Indonesia dan Disdalduk KB Kota Pekanbaru,” jelasnya.


Sebagai apresiasi atas pelaksanaan baksos tersebut, rombongan Deputi KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN RI, Dr Drs Wahidin M.Kes, Dirjen Pembinaan Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dra Indah Anggoro Putri M.Bus, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Hj Fariza dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, Bobby Rahmat serta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia langsung meninjau pelaksanaan baksos yang berada di lantai 2 Hotel Grand Zuri Pekanbaru tersebut. (nie)