Rp4 Juta Perorang, Penukaran Uang Baru di BI Diserbu Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

Rp4 Juta Perorang, Penukaran Uang Baru di BI Diserbu Masyarakat

Senin, 25 Maret 2024

 

Kepala Perwakilan BI Riau, Panji Achmad

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bank Indonesia (BI) secara resmi membuka kegiatan penukaran rupiah di halaman samping Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Kegiatan penukaran uang bersama ini berlangsung selama tiga hari, 25-27 Maret mendatang. Adapun untuk waktu pendaftaran dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.


Hari pertama penukaran terlihat antusias masyarakat dalam melakukan penukaran, meski dalam kegiatan penukaran tersebut pendaftarannya melalui aplikasi namun animo masyarakat masih cukup tinggi. Seperti diungkapkan salah seorang nasabah bernama Rani bahwa dirinya sengaja datang pagi hanya untuk menukarkan uang kartal baru, untuk kebutuhan lebaran nanti dan untuk dibagikan sebagai THR. 


"Saya setiap tahun saya selalu menukarkan uang disini, dan saya lebih suka langsung ke BI daripada ditempat lain karena tidak terlalu lama antrinya,"ujar Rani. 


Sementara itu, Kepala KPW BI Provinsi Riau Panji Achmad mengatakan, tahun 2024 BI menyediakan sebanyak Rp6,031 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan lebaran Idulfitri 1445 H. Dimana jumlah ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya yakni hanya Rp5,3 triliun, dengan menyediakan 8 loket perbankan dan 4 unit mobil kas keliling di Pasar Bawah, MTC Panam, dan rest area Tol Permai KM 45, dengan ketentuan 1 KTP hanya bisa menukar uang maksimal Rp 4 juta. Caranya, masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang Rupiah baru, harus membawa KTP dan mengisi website pintar.bi.go.id terlebih dahulu.


“Kami yakin jumlah ini dipastikan mencukupi untuk memenuhi seluruh kebutuhan uang rupiah di Provinsi Riau tahun ini. Jumlah ini juga akan kami distribusikan ke seluruh Riau, termasuk untuk daerah terpencil dan 3T,” katanya.


Selain kegiatan penukaran bersama, masyarakat juga dapat melakukan kegiatan penukaran uang di seluruh perbankan di Riau, dan di kas keliling yang sudah tersedia, yakni di Pasar Bawah, MTC Panam, dan rest area Tol Permai KM 45.


Panji, juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penukaran rupiah pecahan kecil di sembarang tempat, agar terhindar dari risiko uang palsu dan pemotongan nominal jumlah uang yang ditukarkan. (nie)


Proses penukaran uang di halaman BI Riau, dengan menyediakan 8 loket perbankan dan 4 unit mobil kas keliling di Pasar Bawah, MTC Panam, dan rest area Tol Permai KM 45