Sidang Senat Perdana Tahun 2024, 2.069 Orang Mahasiswa UNRI Diwisuda
Cari Berita

Advertisement

Sidang Senat Perdana Tahun 2024, 2.069 Orang Mahasiswa UNRI Diwisuda

Selasa, 20 Februari 2024



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Riau (UNRI) mewisuda sebanyak 2.069 orang mahasiswa, dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Riau, Program Pascasarjana ke-56, Program Profesi ke-50, Program Sarjana ke-119, dan Program Diploma ke-60, Selasa (20/2). Wisuda yang di pusatkan di Gedung PKM UNRI Gobah Pekanbaru, digelar selama dua hari 20-21 Februari berturut-turut. 


Dalam sambutannya, Rektor UNRI, Sri Indarti mengucapkan selamat atas diwisudanya seluruh mahasiswa yang terbagi dari 10 faktus dan 1 program studi pasca sarjana. Adapun jumlah yang diwisuda tersebut terbagi atas, doktor S3 sebanyak 7 orang, magister S2 sebanyak 43 orang, FISIP sebanyak 366 orang, FEKONBIS sebanyak 297 orang, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam sebanyak 180 orang, Fakultas Ilmu Kehutanan dan Kelautan sebanyak 177 orang, FKIP sebanyak 312 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 150 orang, teknik sebanyak 242 orang, hukum sebanyak 144 orang, kedokteran sebanyak 44 orang, dan keperawatan sebanyak 98 orang. 

 

"Keberhasilan yang diraih tidak lepas dari peran orang-orang disekitar. Diantaranya, keluarga, sahabat, dan para pembimbing serta tenaga kependidikan, mereka telah menjadi pilar pendukung dan bagian integral dalam perjalanan saudara dedikasi dan komitmen yang luar biasa dalam membimbing, mendukung dan menginspirasi serta mendoakan selama perjalanan saudara,"ujar Sri dihadapan ribuan wisudawan dan wisudawati.

Rektor UNRI, Sri Indarti saat menyerahkan penghargaan kepada Alumni UNRI

Ia juga berpesan, ini adalah momen awal bagi wisudawan wisudawati dalam meraih kesuksesan dimasa akan datang. Sebuah keberhasilan ditentukan oleh kemampuan akademis, juga kedewasaan, prilaku, etika dan juga kemandirian. Oleh sebab itu, diperlukan usaha dan kerja keras untuk bisa berinteraksi ditengah masyarakat,"pesannya. 


"Tak kalah pentingnya, semoga setiap langkah saudara selalu diarahkan oleh nilai2 kebaikan, karena tanggung jawab besar menanti diluar sana. Masyarakat menunggu komitmen dan kontribusi saudara, yang berilmu, cakap, mandiri, terampil, kompeten agar kelak menjadi pemimpin dimasa depan,"tambahnya.


Dengan demikian, lanjutnya sejak tahun 1962, UNRI telah meluluskan sebanyak 129.079 orang, dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 35.388 orang, dosen sebanyak 1.070 orang dan guru besar sebanyak 109 orang dan berpendidikan S3 sebanyak 459 orang.

Rektor UNRI, saat memberikan sambutan dalam sidang senat

Raih Segudang Prestasi


Dalam acara itu, Sri juga turut memaparkan segudang prestasi yang diraih UNRI sejak 1992, dimana UNRI selama ini telah menjadi kebanggaan dan kepercayaan masyarakat Riau. Untuk mengumpulkan kepercayaan tersebut tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Begitupula, UNRI mampu memberikan kontribusi untuk mengembangkan kualitas SDM Indonesia, khususnya di Riau. Untuk itu, ini bukanlah hal yang mudah dan perjalanan yang panjang yang telah dibangun. 


Tidak sampai disitu saja, UNRI juga memiliki segudang prestasi yang patut dibanggakan dalam tiga tahun terakhir ini, diantaranya Juara 1, International Science and Invention Fair 2023 Indonesian Youth Scientist Association and Udayana University Jakarta. Juga meraih Gold Mandalist, Internasional creative paper comference and Olympics di seoul, south korea tahun 2024 dan meraih Mendali Emas, Olimpiade Sains Nasional tahun 2024.


"Semua ini berkat kerja keras dari mahasiswa/i dalam mengharumkan nama baik universitas. Tidak hanya itu saja, sebuah perguruan tinggi tidak hanya diukur dari prestasi akademik mahasiswa nya, tetapi juga dari kualitas dan reputasi fakultas -fakultas yang ada didalamnya, yakni 15 prodi di UNRI sudah meraih status Terakreditasi Unggul,"ungkap Sri. 


"Semua yang diperoleh hari ini adalah kepercayaan dan kerja keras seluruh civitas UNRI yang telah mengharumkan nama UNRI didunia pendidikan. Dari segi kualitas seluruh lulusan tidak kalah hebatnya dari alumni yang berjumlah sebanyak 129 ribu tersebut yang telah banyak berkiprah di kancah regional, nasional dan internasioal baik pemerintah, swasta, BUMD dan lainnya,"pungkasnya.(nie) 

Ketua senat dan anggota senat saat berfoto bersama