Tim PKM dan Mahasiswa Kukerta Unri Petakan Potensi Desa Teluk Latak Bengkalis
Cari Berita

Advertisement

Tim PKM dan Mahasiswa Kukerta Unri Petakan Potensi Desa Teluk Latak Bengkalis

Rabu, 06 September 2023

Tim PKM bersama mahasiswa Kukerta Universitas Riau menyerahkan foto udara kepada Kepala Desa Teluk Latak, Bengkalis. ist


BENGKALIS, PARASRIAU.COM - Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Riau bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) mengadakan kegiatan pemetaan udara Desa Teluk Latak, Kabupaten Bengkalis. Tujuan pemetaan untuk mendapatkan lebih detail potensi perekonomian, kondisi georafis dan geologi Desa Teluk Latak.


Tim ini diketuai Prof. Reni Suryanita, ST., MT., Ph.D, dosen Fakultas Teknik, Yohannes Firzal, ST., MT., Ph.D dosen Fakultas Teknik, Dr. Poppy Nurmayanti M, SE., M.Si , AK, dosen Ekonomi dan Bisnis, Benny Hamdi Rhoma, ST, MT dosen Fakultas Teknik serta Dra. Yenita Roza, Ph.D dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.


Tim ini telah menyelesaikan pemetaan foto udara di Desa Teluk Latak pada bulan Juli 2023. Hasil pemetaan foto udara telah diserahkan tim PKM UNRI kepada kepala Desa Teluk Latak pada tanggal 11 Agustus 2023 di kantor Desa Teluk Latak dan langsung diterima Kepala Desa, Mansur.  


Target dari kegiatan adalah pembuatan peta udara untuk 5 lokasi yaitu, pasar desa, mushola, SMPN 7 Bengkalis, Puskesmas Pembantu dan pesisir pantai Desa Teluk Latak untuk melihat potensi lahan desa.


Selain melakukan pemetaan udara, tim PKM bersama mahasiswa KUKERTA Universitas Riau telah melakukan survei UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Teluk Latak untuk pemetaan ekonomi di Desa Teluk Latak.


Program ini merupakan program lanjutan pemetaan di Desa Teluk Latak yang telah dilakukan 3(tiga) tahun berturut-turut sejak tahun 2021.


Kegiatan survei dilakukan tim KUKERTA Bangun Kampung Universitas Riau Desa Teluk Latak yang terdiri dari 10 orang mahasiswa diketuai Muhammad Rifai (FISIP).


Selanjutnya Sri Rahayu (FKIP), Nandita Oktaviana (FKIP), Roza Auliya MZ (FKIP), Rifka Safira (FAPERTA), Ajeng Retno Setiawati (FAPERTA), Awibi Permana MP (FAPERTA), Nolianus Hogejau (HUKUM), Yuni Rahmawati Simangunsong ( FEB), dan Yessy Maharani (FEB).


Survei adalah cara akurat untuk mengumpulkan data dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden pelaku UMKM desa Teluk Latak. 


Pelaksanaan survei dilakukan dalam waktu satu minggu, dengan metode wawancara langsung ke rumah responden (In-Home Poll).


“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak desa yang telah menerima dengan terbuka dan memberikan kemudahan agar terlaksananya peta udara dan potensi ekonomi di desa ini. Sekaligus saya dan tim pamit karena kegiatan survei pemetaan di Desa Teluk Latak telah berakhir dan besar harapan hasil pemetaan dapat berguna dan memudahkan desa dalam membuat kebijakan yang akan dilaksanakan di Desa Teluk Latak,” ujar ketua tim dosen PKM Prof. Reni Suryanita, ST., MT. Ph.D pada acara presentasi foto udara di kantor Desa Teluk Latak beberapa hari lalu. 

      

Hasil survei UMKM menunjukkan hampir 69.5% masyarakat di Desa Teluk Latak memiliki usaha di bidang tenun. Adapun kendala yang mereka hadapi rata-rata yaitu mengenai modal tenun yang besar sehingga masyarakat menggunakan simpanan pinjam yang dikelola oleh BumDesa Langgam Sako yang dikenal dengan Unit Simpan Pinjam (USP) sebagai alternatif agar proses produksi tetap berjalan.


Dari hasil survei, 9.4% memiliki usaha di bidang menjahit. Kendala yang mereka hadapi adalah konsumen yang bersifat musiman yaitu mendekati lebaran dan hari-hari besar keagamaan.


Dari survei yang dilakukan ditemukan bahwa masyarakat yang memiliki UMKM di bidang kuliner mengalami kesulitan dalam menyediakan gas yang mengakibatkan tidak dapat mencukupi kebutuhan produksi setiap harinya. 


Survei yang diharapkan yang dilakukan dapat menghadirkan banyak gagasan dan rujukan khususnya dari kalangan civitas akademika untuk memberikan dampak lebih kepada masyarakat.


Harapan besar, survei ini menjadi langkah awal munculnya gagasan-gagasan baru dan melengkapi berbagai kekurangan yang terdapat pada proses maupun hasil survei tersebut.


Sebagai referensi, Desa Teluk Latak terletak di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis memiliki 2 dusun yaitu Dusun Langgam Muara dan Dusun Simpang Baru.


Desa ini merupakan salah satu desa pesisir di sebelah barat Pulau Bengkalis dengan topografi yang datar. Luas daerah Desa Teluk Latak lebih kurang 23 Km2 atau sekitar 4,47% dari seluruh luas wilayah Kecamatan Bengkalis dan berjarak 14 Km dari pusat pemerintahan Kecamatan Bengkalis.


Walaupun desa ini tidak begitu luas namun perekonomian desa dapat berkembang dengan baik dengan adanya Pasar Desa Teluk Latak yang dapat dikembangkan sebagai usaha kreatif desa melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Dengan keadaan alam yang ada, Desa Teluk Latak berpotensi untuk dikembangkan berdasarkan keadaan sosial dan perekonomian yang ada di desa pesisir tersebut. (rls/pr2)