Peringati HUT RI ke-78, Polsek Tampan Tanam 180 Bibit Pohon
Cari Berita

Advertisement

Peringati HUT RI ke-78, Polsek Tampan Tanam 180 Bibit Pohon

Rabu, 23 Agustus 2023

Kapolsek Tampan, Kompol Asep Rahmat, SH, SIK didampingi istri, Danramil 06/Sukajadi Kapten Inf M. Fadil, Camat Binawidya, Indah Vidya Astuti, S.STP, Sekcam M Rizkiyadi Rambe S.STP, Lurah Simpang Baru Muhammad Zulfi dan Ketua RW 03 Kelurahan Simpang Baru, HM. Ikhwan, Lc, MA foto bersama sesaat sebelum melakukan penanaman pohon. ist  


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Kepolisian Sektor (Polsek) Tampan, Kota Pekanbaru hari ini, Rabu (23/8/23) melakukan penanaman sebanyak 180 bibit pohon dari berbagai jenis di kawasan Main Stadion Unri Pekanbaru RW 03 Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru-Riau. Kegiatan bertemakan 'Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini'.



"Sebenarnya kemarin Polsek Tampan ditunjuk Polda Riau untuk lokasi pelaksanaan kegiatan, akan tetapi saat dilakukan pengecekan masih ada hal-hal yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan tersebut. Yakni jaringan yang ada di kita tidak memadai untuk dilaksanakan video konferen. Akhirnya, yang ditunjuk adalah wilayah Kecamatan Sail yaitu Polsek Limapuluh sebagai pusat kegiatan untuk wilayah Polda Riau. Dan Polsek-polsek lainnya tetap melaksanakan kegiatan yang sama untuk mengimbangi kegiatan yang serentak ini," ungkap Kapolsek Tampan, Kompol Asep Rahmat, SH, SIK dalam sambutannya.



Dijelaskan Asep Rahmat, pagi ini Polri melakukan penanaman sebanyak 1.000 pohon di seluruh Tanah Air yang mana titik pusat pelaksanaannya dilakukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Penanaman pohon ini dilakukan secara serentak dari tingkat Mabes Polri hingga 34 polda jajaran dalam rangka HUT RI ke-78. Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan dilaksanakan secara serentak di seluruh polda, sampai dengan tingkat polres tingkat polsek, target kita adalah menanam sebanyak seribu pohon sebagai bentuk kontribusi Polri untuk mengatasi masalah perubahan iklim. Adapun 180 pohon yang ditanam dibagi dalam dua wilayah, 80 pohon di lokasi main stadion dan 100 pohon lagi ditanam di wilayah Kecamatan Tuah Madani.



Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk tetap peduli terhadap alam akibat terjadinya panas global dan perubahan iklim secara ekstrim. Khususnya untuk di Riau ini, masih saja terjadi musibah Karhutla di berbagai daerah. Dua hari terakhir saja banyak terjadi kebakaran lahan yang bermula dari pembakaran sampah di tengah masyarakat, termasuk di wilayah stadion ini juga terjadi kebakaran. 


"Alhamdulillah berkat aksi cepat dan tanggap yang dibantu rekan-rekan dari Babinsa dan Koramil, pihak kelurahan, pihak kecamatan dan Manggala Agni serta BPBD seluruh api dapat kita padamkan. Kedepannya diharapkan kita tetap bersinergi untuk menangani kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayah Riau ini. Adapun wilayah yang agak rawan kebakaran di Tampan ini adalah wilayah Sungai Sibam, karena masih banyak lahan gambutnya yang cukup tebal," harapnya.



Sementara itu, Camat Binawidya, Indah Vidya Astuti, S.STP dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini. Kegiatan ini juga selaras dengan kegiatan yang dilakukan Kecamatan Binawidya bagi anak-anak TK yang berada di kawasan Binawidya.



"Jadi setelah mereka mewarnai, mereka diberikan satu pohon untuk ditanam di rumah masing-masing. Tanam di rumah lalu dirawat, disiram dan nantik ibuk cek ke rumah masing-masing. Yang jelas tujuannya mereka agar tahu bagaimana caranya menghijaukan bumi yang sudah semakin panas ini. Jangan sampai kejadian yang melanda Hawai dan menghanguskan dan menewaskan banyak orang. Kita tidak ingin kejadian ini terjadi di Indonesia. Semoga musim panas ini segera berlalu. Belum lagi masalah sampah yang banyak menyumbat selokan dan drainase yang kerap mengakibatkan banjir di mana-mana. Intinya, semua kita wajib peduli terhadap lingkungan. Dan saya ingin anak-anak penerus kita semua sejak TK paham dan peduli terhadap lingkungan, dimana harus membuang sampah dan menjaga pohon-pohon untuk penghijauan," ujarnya.



Hadir dalam kegiatan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini yang digelar Polsek Tampan di kawasan Main Stadion Unri Pekanbaru RW 03 Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya antara lain, Kapolsek Tampan, Kompol Asep Rahmat, SH, SIK beserta jajaran, Danramil 06/Sukajadi Kapten Inf M. Fadil beserta jajaran, Ibu Kepala Ranting Bhayangkari beserta anggota, Camat Binawidya, Indah Vidya Astuti, S.STP, Sekcam M Rizkiyadi Rambe S.STP beserta seluruh Lurah di wilayah Kecamatan Binawidya, Babinkamtibmas Kelurahan Simpang Baru, Febri Rosalin, Babinsa Simpang Baru Fauzi, Ketua RW 03 Kelurahan Simpang Baru, HM. Ikhwan, Lc, MA serta undangan lainnya. (iwn)


Penulis: M Ikhwan