Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri Sosialisasi PHBS di SDN 006 Rambah Samo
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri Sosialisasi PHBS di SDN 006 Rambah Samo

Jumat, 11 Agustus 2023

Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri Sosialisasi PHBS di SDN 006 Rambah Samo


ROHUL, PARASRIAU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Membangun Kampung Universitas Riau (Unri) tahun 2023 di Desa Rambah Baru menggelar sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Sabtu (5/8/2023). Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ruang kelas SD Negeri 006 Rambah Samo ini diikuti oleh siswa/siswi kelas 2, 3 dan 4.


Sementara, mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri yang terlibat dalam kegiatan ini yakni Salsa Nurul Fajri, Yogi Yudistira Ade Putra, Aulia Putri, Almaghfiroh, Nur Aulia, Muhammad Revaldi, Esther Angelita Gurning, Muhammad Fazlanndan Sultan Rafliansyah Harahap dengan Dosen Pembimbing Asiah Wasilah SIP MSi.


Ketua Kukerta Membangun Kampung Unri Desa Rambah Baru 2023, Salsa Nurul Fajri menyebutkan, sosialisasi PHBS di SD Negeri 006 Rambah Samo ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana hidup yang bersih dan sehat serta meningkatkan kesadaran siswa terkait pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan. 


"Sosialisasi PHBS ini dilakukan agar kebersihan dan kesehatan siswa terjaga," ujar Salsa sembari menyampaikan PHBS di SD Negeri 006 Rambah Samo ini berlangsung mulai dari pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi PHBS oleh Almaghfiroh (mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unri). 


Dalam pemaparannya, Almaghfiroh menjelaskan manfaat PHBS di sekolah kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. 


Disebutkannya, PHBS di sekolah terdiri dari mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, rutin berolahraga, tidak merokok di sekolah, membuang sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk serta menimbang berat badan dan tinggi badan. Selain itu, juga diadakan quiz untuk meningkatkan semangat siswa mengikuti rangkaian sosialisasi PHBS ini.


Selama quiz berlangsung, para siswa tampak antusias menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Bahkan seluruh pertanyaan dijawab dengan baik oleh para siswa. Kemudian kegiatan diakhiri dengan ice breaking dan penutupan pukul 09.30 WIB oleh Ketua Kukerta Unri 2023.


Sementara terkait kegiatan ini, Kepala SDN 006 Rambah Samo Fajaruddin SPd SD menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan PHBS ini. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari siswa agar tetap sehat.


"Kami pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini siswa dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," ucap Kepsek. (*/pr2)