Sukseskan Pemilu Tahun 2024, Ketua PWI Riau Paparkan Sejumlah Peran Penting Pers
Cari Berita

Advertisement

Sukseskan Pemilu Tahun 2024, Ketua PWI Riau Paparkan Sejumlah Peran Penting Pers

Kamis, 22 Juni 2023

Sukseskan Pemilu Tahun 2024, Ketua PWI Riau Paparkan Sejumlah Peran Penting Pers 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang memaparkan beberapa peran penting pers dalam menyukses kegiatan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.


"Pertama, pers berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Seperti tahapan pemilu, siapa bakal calon yang maju, hingga hasil akhir dari pemilu tersebut," ujarnya dalam acara Seminar Kebangsaan yang ditaja Polda Riau di Hotel Grand Central, Kamis (22/6/2023).


Kemudian pers memiliki fungsi pendidikan. untuk menegakkan nilai - nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia. Serta untuk menghormati kebhinekaan di Indonesia.


Selanjutnya, fungsi kontrol. Artinya, pers mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar. “Salah satunya dengan melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal - hal yang berkaitan dengan kepentingan umum,” paparnya.


Selain itu, lanjutnya, pers juga memiliki fungsi untuk menangkal hoax, dengan memperjuangkan keadilan dan kebenaran. “Teman - teman media harus netral dan berimbang dalam pemberitaan. Oleh sebab itu, masyarakat boleh juga mengawasi pers,” ujarnya.


“Tujuan kita adalah untuk mewujudkan pemilu tahun 2024 ini yang jujur dan adil,” pungkas Zulmansyah. (*/pr2)