Hari Pengungsi se-Dunia 2023: Menandai Harapan dan Inklusi bagi Pengungsi
Cari Berita

Advertisement

Hari Pengungsi se-Dunia 2023: Menandai Harapan dan Inklusi bagi Pengungsi

Rabu, 21 Juni 2023

int

PARASRIAU.COM - Dalam peringatan Hari Pengungsi Sedunia tahun ini akan digelar di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada 18-19 Juni 2023 mendatang. Kegiatan ini dengan menyoroti komitmen untuk berdiri bersama para pengungsi dan menciptakan dunia, di mana mereka selalu disertakan. 


Tahun ini akan digelar Inti dari acara ini adalah bazaar yang semarak, menampilkan keragaman budaya yang kaya dan semangat kemandirian para pengungsi. Pengunjung berkesempatan untuk menjelajahi berbagai kios yang menampilkan karya – karya indah dan masakan unik dari berbagai belahan dunia.


 

“Tema Hari Pengungsi Sedunia tahun ini adalah 'Harapan jauh dari rumah. Dunia di mana pengungsi selalu disertakan.' Dengan merayakan Hari Pengungsi Sedunia bersama kami, Anda telah menunjukkan bahwa Anda berdiri bersama para pengungsi. Kita harus berkomitmen bersama untuk melindungi semua orang yang terpaksa mengungsi – siapapun mereka, dari manapun asalnya dan kapanpun mereka terpaksa mengungsi,” kata Kepala Perwakilan UNHCR di Indonesia, Ann Maymann. 


 

Panggung utama akan menampilkan pertunjukan yang menawan, acara bincang-bincang yang menggugah pikiran, dan lokakarya yang menarik, semuanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan solidaritas kepada para pengungsi. Kegiatan ini akan menyediakan platform bagi para pengungsi untuk berbagi kisah dan bakat mereka yang menginspirasi, memupuk rasa koneksi dan pemberdayaan.



“Di Indonesia, kita telah menyaksikan solidaritas dan kasih sayang yang luar biasa yang diberikan kepada para pengungsi, yang telah memberi mereka rasa aman. Indonesia telah memberikan contoh baik dalam menjalankan prinsip-prinsip kemanusiaan, membuka pintunya bagi mereka yang terpaksa melarikan diri dari konflik, persekusi, dan pelanggaran hak asasi manusia. Kami berharap lebih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk memastikan pengungsi menjadi bagian dalam sistem nasional sementara mereka di sini menunggu solusi yang berkelanjutan" tambah Ann.


 

Adapun tema Hari Pengungsi Sedunia 2023, yakni "Harapan jauh dari rumah. Dunia di mana pengungsi selalu disertakan,". Ini merangkum visi tentang masyarakat yang lebih inklusif, di mana para pengungsi dirangkul, didukung, dan diberi kesempatan untuk berkembang.

 


Dalam kegiatan ini nantinya akan disaksikan ketangguhan dan kekuatan para pengungsi secara langsung. Kehadiran dan partisipasi Anda akan berkontribusi pada upaya kita bersama dalam menegakkan hak dan martabat pengungsi di Indonesia.


 

“Mari kita hormati keberanian, tekad, dan kontribusi jutaan orang yang terpaksa mengungsi di seluruh dunia. Mari kita ingat juga bahwa dengan bantuan tetangga, masyarakat, dan negara yang membuka tangan dan pintu mereka, pengungsi dapat membangun kembali kehidupan mereka, berkontribusi, dan menggunakan keterampilan dan bakat mereka dimanapun mereka berada. Bersama-sama, mari kita ciptakan dampak yang berarti dan bekerja menuju masa depan yang lebih cerah untuk semua." kata Ann.(pr1)