5.297 Jamaah Riau Sudah di Makkah, BTH - 33 Laksanakan Umrah Wajib
Cari Berita

Advertisement

5.297 Jamaah Riau Sudah di Makkah, BTH - 33 Laksanakan Umrah Wajib

Minggu, 25 Juni 2023

5.297 Jamaah Riau Sudah di Makkah, BTH - 33 Laksanakan Umrah Wajib


JEDDAH, PARASRIAU.COM - Ketua Kloter BTH - 33 sesaat menuruni tangga pesawat Garuda Air Indonesia dan setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (24/6/23) pukul 22.55 WAS melaporkan bahwa jamaah haji gabungan asal Provinsi Riau dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau selamat tiba di Arab Saudi. 


"Jamaah Kloter 33 embarkasi Batam sesaat menurungi tangga pesawat baru saja tiba dibandara King Abdul Aziz setelah tiga puluh menit yang lalu berniat untuk melaksanakan ibadah umrah tepatnya di Yalamlam," ungkap Pembimbing Ibadah BTH - 33, Sariman Al Faruq.


Pembimbing Ibadah juga berharap dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah selama berada di Makkah dan Madinah serta memperoleh haji yang mabrur. "Mudah-mudahan kita semua sehat walafiat dan dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dan menjadi mabrur dan mabrurah. Amin," harapnya. 


Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyuddin dari Daker Makkah menyampaikan sudah 5.297 jamaah haji Provinsi Riau tiba di kota Makkah. 


"Alhamdulillah seluruh jamaah haji Riau telah tiba di Kota Makkah, terakhir jamaah BTH - 32 dan BTH - 33 dan saat ini sedang melaksanakan rangkaian ibadah umrah wajib," jelasnya. 


Mahyudin juga mengatakan, jamaah haji Riau saat ini sedang menunggu waktu untuk melaksanakan Armuzna yang diisi dengan berbagai aktifitas ibadah, baik di pemondokan maupun di masjid atau mushalla di sekitar hotel.


"Menunggu waktu Armuzna, jamaah mengikuti bimbingan pra Armuzna dari pembimbing ibadah, melaksanakan muhasabah dan zikir serta doa. Petuhas kloter melakukan visitasi terhadap jamaah resti dan lansia serta yang mengalami sakit, baik yang dirawat di pemondokan, KKHI, maupun Rumah Sakit," ujarnya. 


Mahyudin menambahkan, seluruh Ketua Kloter menerima Kartu Nusuk Armuzna dari Maktab untuk disampaikan kepada jamaah. "Jamaah akan diberikan kartu nusuk atau kartu identitas selama mengikuti rangkaian ibadah di Armuzna dari maktabnya masing-masing. Dan tim Monev Kementerian Agama direncanakan akan mengikuti pergerakan seluruh kloter dari hotel menuju Arafah pada tanggal 8 Dzulhijjah atau 26 Juni 2023," jelasnya. (*/pr1)


Adapun data jamaah haji asal Provinsi Riau yang wafat di Makkah :


1. Subani Firdaus Samad Thaha (62 tahun), Kloter BTH-8 asal Pekanbaru. Wafat di RSAS Mekkah tanggal 16 Juni 2023 pukul 08.13 WAS


2. Yenni Artati Binti Raja Yoesoef (63 tahun), Kloter BTH-13 asal Kuansing. Wafat di RSAS Mekkah tanggal 18 Juni 2023 Pukul 13.50 WAS


3. Sholeh Bin Tarwan Abdullah (82 Tahun), Kloter BTH-15 asal Siak. Wafat di RSAS Mekkah tanggal 18 Juni 2023 Pukul 23.00 WAS