Urutan 16 Secara Nasional, Tingkat Pengangguran Terbuka Riau Konsisten Menurun
Cari Berita

Advertisement

Urutan 16 Secara Nasional, Tingkat Pengangguran Terbuka Riau Konsisten Menurun

Rabu, 10 Mei 2023

Urutan 16 Secara Nasional, Tingkat Pengangguran Terbuka Riau Konsisten Menurun.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Data terkini yang baru saja dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) per tanggal 5 Mei 2023 menyebutkan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Riau ada di urutan 16 (4,25) dari 34 provinsi secara nasional.


Urutan 16 tersebut relatif rendah bila dibandingkan dengan TPT nasional sebesar 5,45 dan jika dibandingkan TPT Provinsi di Sumatra, Riau ada diurut 7 dari 10 provinsi.


Dari perbandingan nasional maupun se-Sumatra, maka Riau tergolong TPT yang relatif rendah, dalam artian semakin rendah TPT maka semakin baik.


Bila dibanding TPT Provinsi tetangga di Sumatra seperti Sumatera Utara (Sumut), Sumatra Barat (Sumbar), Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bengkulu. 


Dari perbandingan tersebut diperoleh fakta bahwa ada tren TPT Riau semakin menurun baik dari angka TPT maupun dibanding dengan TPT Provinsi tetangga. 


Bisa dilihat di bulan Agustus 2019 TPT Riau menempati urutan tertinggi dibanding provinsi tetangga dengan angka 5.76. 


Namun secara perlahan menurun, bahkan sejak Agustus 2021, TPT Riau menjadi urutan kedua terendah hanya lebih besar dari TPT Bengkulu saja.


Ini bermakna bahwa kondisi TPT Riau semakin konsisten menurun. Ini menunjukan perkembangan yang relatif membaik.


Gubernur Riau Syamsuar berharap TPT Riau terus menurun, dengan demikian juga menunjukkan bahwa ekonomi Riau terus tumbuh dan berkembang. 


"Mudah-mudahan kita dapat terus menjaga kondisi Riau yang selama ini aman dan kondusif. Sehingga Riau akan selalu menjadi daerah tujuan bagi investor," harap Syamsuar yang tengah berada di tanah suci melaksanakan ibadah Umroh. (*)


Editor: M Ikhwan