Silahturahmi Diyakini Perkuat Ikatan Kebangsaan Antar Etnis di Bumi Lancang Kuning
Cari Berita

Advertisement

Silahturahmi Diyakini Perkuat Ikatan Kebangsaan Antar Etnis di Bumi Lancang Kuning

Sabtu, 06 Mei 2023

Beginilah suasana acara Silaturahmi Akbar FPK yang penuh keakraban. iwn
 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau, Sabtu (6/5/2023) menggelar agenda Silahturahmi Akbar di Balai Serindit Gedung Daerah Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru. Silahturahmi Akbar dalam suasana Idul Fitri 1444 H ini diramaikan oleh ratusan peserta yang mereka itu adalah utusan dari sebanyak 73 Paguyuban yang ada di Riau, juga utusan pengurus FPK Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.


Ketua Panitia Pelaksana Silahturahmi Akbar FPK Riau, H. E.M Surachmat dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara yang dikemas santai, namun serius serta fokus pada silaturahmi antar paguyuban. Tujuannya untuk menjaga suasana kondusif, apalagi jelang tahun politik 2024.


"Silahturahmi Akbar ini merupakan agenda perdana Paguyuban se-Riau pasca bulan suci Ramadan Tahun 1444 H. Dengan itu, kita semua berharap agar silahturahmi ini makin memperkuat ikatan kebangsaan antar etnis di Bumi Lancang Kuning, ditambah sebentar lagi kita akan jelang tahun politik 2024,"  ujar Eyang sapaan akrabnya yang juga Ketua Umum Mitra Sunda Riau (Misuri). 


Sementara itu, Ketua FPK Provinsi Riau, Drs. H.Auni M.Noor didampingi Sekretaris FPK Riau, Jailani mengungkapkan bahwa acara Silahturahmi Akbar ini merupkan agenda rutin FPK Riau dalam rangka terus merawat Pembauran Kebangsaan di seluruh wilayah Provinsi Riau.


Dikatakan Auni, semakin sering silahturahmi ini diadakan, maka semakin baik pembauran kebangsaan antar etnis. "Inti dari pembauran itu sebagai ajang silahturahmi. Semakin sering kita melaksanakan silahturahmi, maka makin baik pembauran kebangsaan kita. Karena itu, kita berharap semua Organisasi Peguyuban mengutus pesertanya untuk menghadiri silahturahmi, minimal Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Pada akhir tahun ini kita akan adakan kembali Parade Bhineka Tunggal Ika yang menampilkan budaya Nusantara masing-masing etnis yang nantinya juga menjadi ajang silahturahmi anggota Paguyuban se-Riau," katanya.


Ditambahkannya, saat ini semua pihak harus bersyukur bahwa Negara Indonesia bisa bersatu dan harmoni dalam kebinekaan. "Untuk itu, kita harapkan kepada seluruh pengurus FPK kabupaten/kota untuk terus melalukan kegiatan silaturahmi. Ini merupakan kontribusi kita dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan," harapnya.


Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Pemprov Riau, Masrul Kasmy mengatakan, dalam berkehidupan ini yang paling penting adalah kenyamanan dan rasa aman bagi setiap etnis.


"Dengan agenda yang kita selenggarakan hari ini, merupakan kegiatan yang sangat bagus dan positif, bersatu padu. Permasalahan apapun, jika kita bersatu pasti akan mudah kita lalui dan selesaikan. FPK ke depan diyakini akan jadi sebuah forum yang bisa memberi pencerahan bagi seluruh anak bangsa," pungkasnya. pr


Penulis: M Ikhwan