Bupati Rohil Resmikan Titik Kordinat” Pilot Zero Project Smartcity” di Bagansiapiapi
Cari Berita

Advertisement

Bupati Rohil Resmikan Titik Kordinat” Pilot Zero Project Smartcity” di Bagansiapiapi

Rabu, 03 Mei 2023

Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong, S.IP didampingi Wakil Bupati, H. Sulaiman, SS, MH juga Kadis Diskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SE beserta rombongan Manejer PT PLN Kota Pekanbaru meresmikan Smartcity di Ibukota Bagansiapi-api di depan Kantor Sekretariat PKK Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Selasa (02/5/2023). ist

 

ROKAN HILIR, PARASRIAU.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong, S.IP didampingi Wakil Bupati, H. Sulaiman, SS, MH juga Kadis Diskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SE beserta rombongan Manejer PT PLN Kota Pekanbaru meresmikan Smartcity di Ibukota Bagansiapi-api tepatnya di depan Kantor Sekretariat Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Selasa (02/5/2023).

 

Saat diwawancara Bupati Rohil Afrizal Sintong sebutkan beberapa item dan fungsi dan pengawasan Pilot Zero Project Smartcity yang dipasang di perempatan Jalan Merdeka. Kegunaannya untuk pengawasan dan meningkatkan pelayanan publik, juga untuk pantauan pengguna jalan.



“Alhamdulillah kami Pemerintah Kabupaten Rohir juga berterima kasih kepada pihak PT PLN yang telah bekerja sama dengan Pemkab Rohil dalam menciptakan Project Smartcity. Tentunya kami pemerintah sangat bangga sekali, juga memberikan apresiasi karena ini yang pertama kali diciptakan Pilot Zero Project Smartcity di Kota Bagansiapi-api. Karena Smartcity ini sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik," papar Bupati Rohil.


Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Daerah juga terus bekerjasama dalam hal ini dan juga akan mengembangkan dan meningkat Project Smartcity ini juga melakukan pembenahan di berbagai daerah ke depannya di Kabupaten Rokan Hilir.


Kadis Diskominfotiks Rohir, Indra Gunawan, SE memberikan penjelasan terkait peresmian Smartcity di Ibukota Bagansiapi-api di depan Kantor Sekretariat PKK Jalan Merdeka Bagansiapiapi.
 

Di tempat yang sama, Kadis Diskominfotiks Rohir, Indra Gunawan, SE juga memberikan apresiasi kepada PT PLN Pekanbaru melalui insan pers. Saat wawancarai, Indra juga berterima kasih kepada semua, juga menyambut baik kehadiran PT PLN Pekanbaru di Bagansiapi-api. 


"Alhamdulillah Project Smartcity ini telah hadir di Kota Bagansiapi-api, semoga ke depannya terjaga dengan baik juga membawa perubahan serta mampu meningkatkan pelayanan publik serta melakukan pembenahaan dan pemantauan dan pengawasan akses bagi penguna jalan melalui Pilot Zero Project Smartcity," jelasnya.


Sebelum peresmian, Kadis Kominfo Rohil mewakili Bupati Rohil melakukan peninjauan lokasi persiapan peresmian zero point smartcity Bagansiapiapi di depan gedung Dekranasda Rohil di Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Sabtu (29/4/2023).

 

“Zero point smartcity ini merupakan program dari Bupati kita, Afrizal Sintong agar Kota Bagansiapiapi dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang digitalisasi, terutama pengawasan kenyamanan masyarakat dan menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia,” ujar Kadis Kominfo Rohil, Indra Gunawan, SE.

 

Peresmian zero point smartcity ini, katanya, merupakan kerjasama Pemkab Rokan Hilir bersama PLN Icon Plus Indonesia. Dimana pihak Icon Plus mendukung secara penuh dengan melakukan penanaman tiang lengkap serta 3 unit CCTV beresolusi tinggi.

 

Untuk pemasangan tiang dan CCTV ini, diterangkan Indra Gunawan, tanpa menggunakan dana APBD Rohil. “Perangkat tiang 3 unit CCTV dan bandwith internet murni dari pihak icon tanpa dana APBD. Kita berharap kejayaan Bagansiapiapi tempo dulu dapat terulang kembali di zaman digitalisasi ini, tentunya dengan pola ini di Rokan Hilir khususnya Kota Bagansiapiapi dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTV ini,” harapnya.


Dikatakan Indra lagi, kota cerdas atau smartcity adalah sebutan untuk kota yang sudah menerapkan metode digital dalam pelayanan bagi masyarakat. Bukan berarti masyarakatnya sudah cerdas, tapi secara perlahan pasti nantinya masyarakat akan jadi lebih smart dan memahami konsep dari smart city.


“Kalau di jalan raya berkendara mungkin akan lebih bijak. Jika ada tabrak lari dan kejadian lainnya bisa segera kita tahu, sehingga tindak kriminal juga bisa ditekan ke depannya,” pungkas Indra. (Advertorial)